Pendampingan Kegiatan Wirausaha Makanan Kecil Berbasis Coklat Kreasi Sebagai Penunjang Ekonomi Keluarga

  • Sri Budi Cantika Yuli Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Novi Primita Sari Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Pendampingan, Kreasi, Coklat, Pendapatan, Rumah tangga

Abstract

Peningkatan kualitas kehidupan dan peran perempuan dalam pembangunan ekonomi, pemerintah telah melakukan beberapa kegiatan afirmasi, misalnya melalui pengintegrasian kepentingan perempuan ke dalam beberapa program pembangunan. Salah satu programnya adalah dibentuknya unit kerja yang khusus menangani kredit kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perempuan, pemetaan potensi usaha perempuan pengusaha, dan pemberian pendampingan dan fasilitasi manajemen keuangan dengan pihak perbankan. Islam menempatkan aktivitas berwirausaha/berbisnis dalam posisi yang amat strategis di tengah kegiatan manusia mencari rezeki dan penghidupan. Aktivitas berwirausaha merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kondisi ibu rumah tangga di wilayah desa Gondang Tegalgondo masih sangat layak untuk dilakukan pengembangan dan juga pemberdayaan mengingat Sebagian besar perempuan disana hanya ada dirumah saja mengurus keperluan rumah tangga dengan rata-rata pekerjaan suami sebagai buruh kasar dan kuli bangunan. Dengan kenyataan tersebut maka sangat penting sekali untuk melakukan program pendampingan dan kreatifitas agar ibu-ibu tersebut selain mengurus rumah juga dapat menghasilkan uang dengan melakukan kegiatan produksi sendiri. Metode yang digunakan berupa pendampingan partisipatif kepada mitra. Hasil dari pendampingan berupa kraetifitas memanfaatkan coklat blok yang dibentuk karakter bunga, boneka bisa dipasarkan ke masyarakat yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2022). Edukasi: Dalam Mengelola Barang Daur Ulang Untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga. Surya Abdimas, 6(3), 604-611. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.2002

Effendi, R., Evy, Y., & Safitri, R. (2013). Penentuan Umur Simpan Soyoguhrt Probiotik sebagai Filler Cokelat Praline. Jurnal Sagu, 12(1), 34-40.

Fajrillah, F., Purba, S., Sirait, S., Sudarso, A., Sugianto, S., Sudirman, A., ... & Simarmata, J. (2020). Smart entrepreneurship: peluang bisnis kreatif & inovatif di era digital. Yayasan Kita Menulis.

Krisnawati, K. (2016). Upaya Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 2(2).

Najihah, N., Adiwijaya, Z. A., & Mutoharoh, M. (2021). Optimalisasi Ibu Rumah Tangga dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga melalui Pelatihan Teknik Shibori. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 416-426.

Puspitasari, L. (2020). Kreasi dan Inovasi COMUT (Coklat Temulawak Imut) Penambah Nafsu Makan. Jurnal ABDIMAS-HIP: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 88-93.

Rosenda, D. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Agama Dan Semangat Wirausaha Terhadap Kinerja Bisnis Mahasiswi Muslimah Enterpreuner Di Kota Bandung. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 1-11.

Rizqiawan, H., Novianto, I., & Subaderi, S. (2020). PKM Kelompok Usaha Ibu Rumah Tangga Kelurahan Lakarsantri Kota Surabaya. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 4(2), 21-28.

Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.

Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231-240.

Teruna, D., & Ardiansyah, T. (2021). Pola Kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelompok Bank dan Fintech di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), 145-167.

Wardaningtyas, A. F., Wahyuningsih, W., & Susilowati, R. H. (2022). Peluang Home Industri Produk BISCOJA (Biskuit Coklat Jahe) Untuk Meningkatkan ketrampilan Berwirausaha. SENRIABDI, 2(2), 96-104.

Published
2022-12-14
How to Cite
Yuli, S. B. C., & Sari, N. P. (2022). Pendampingan Kegiatan Wirausaha Makanan Kecil Berbasis Coklat Kreasi Sebagai Penunjang Ekonomi Keluarga . Surya Abdimas, 7(1), 18-24. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2262
Section
Articles