Pendampingan Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel Ilmiah Secara Blended Bagi Guru SMA
Abstract
Dengan munculnya pandemi Covid-19 minat dan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah menjadi sangat kurang karena guru disibukkan dengan pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh yang kadang pelaksanaannya banyak menyita waktu guru. Dalam kondisi ini penelitian dan penulisan karya ilmiah kadang dikesampingkan. Dengan melihat kondisi guru tersebut, pihak SMA Negeri 1 Gombong melakukan penyegaran pemahaman penelitian khususnya PTK serta penyusunan artikel ilmiah untuk publikasi di jurnal ilmiah dengan kegiatan in house training (IHT) dengan tim pengabdian dari Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai narasumber. Peserta kegiatan tersebut adalah seluruh guru dan kepala sekolah yang diselenggarakan secara blended yaitu pertemuan tatap muka dan pertemuan tatap maya secara daring untuk pendampingan penyusunan rancangan PTK maupun karya ilmiah. Hasil dari kegiatan ini terjalinnya kerja sama antara pihak tim pengabdian UM Purworejo dan SMA Negeri 1 Gombong dalam pembuatan rancangan penelitian serta draf artikel ilmiah yang akan dipublikasi di jurnal ilmiah.
Downloads
References
Al Hadi, K., Qomariyah, N., Minardi, S., Mardiana, L., Alaidrus, A. T., & Alaa’, S. (2019). Pengembangan Profesionalissme Guru dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.270
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 59-65.
Aunurrahman, A., Musa, M., Suhaida, D., Lahir, M., & Dediansyah, A. (2019). Persepsi Guru Terhadap Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Di Kabupaten Sekadau. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1071
Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL) by Dr. H. Moch. Agus Krisno Budiyanto, M.Kes. (z-lib.org) (p. 174).
Burns, A. (2009). Doing Action Research in English Language Teaching. In Doing Action Research in English Language Teaching. https://doi.org/10.4324/9780203863466
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Publikasi Pendidikan, 10(1), 8. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53.
Lungu, I. (2013). The Increasing Need for Blended-learning Models in Courses of English for Specific Courses in Romanian Universities. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.148
Nurlina, Mutmainna, Lutfin, N. A., Mutiara Sabar, & Jenni Tasik Bintoen. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah melalui Workshop Penelitian Tindakan Kelas Guru SMA Negeri 1 Campalagian. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 189–195. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.9189
Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
Thoharudin, M., Huda, F. A., & Suryadi, T. (2021). Meningkatkan Semangat Menulis Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Se-Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 70–75. https://doi.org/10.24071/aa.v3i2.3208
Tomlinson, B. (2019). Blended Learning: The Future of ELT ? . In The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching. https://doi.org/10.1002/ 9781118784235.eelt0941.pub2
Tong, Y., Kinshuk, & Wei, X. (2020). Teaching design and practice of a project-based blended learning model. International Journal of Mobile and Blended Learning, 12(1), 33–50. https://doi.org/10.4018/IJMBL.2020010103
Copyright (c) 2022 Semi Sukarni, Sudar Sudar, Tusino Tusino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.