Pelatihan Pemanfaatan Canva for Education sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru IPA dalam Mendesain dan Memproduksi Media Pembelajaran di Era Digital

  • Laifa Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Widodo Setiyo Wibowo Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Allesius Maryanto Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Sabar Nurohman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Pelatihan, Canva, Media pembelajaran, IPA

Abstract

Kegiatan PPM ini bertujuan untuk melatih kemampuan guru-guru IPA anggota MGMMP IPA kabupaten Sleman dalam menggunakan Canva for Education untuk mendesain dan memproduksi media pembelajaran digital.Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah guru-guru IPA anggota MGMMP IPA kabupaten Sleman. Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada tanggal 5, 6, dan 8 Agustus 2022 dengan mekanisme blended learning dan diikuti oleh 27 guru. Tahapan-tahapan kegiatan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakaukan koordinasi antar anggota, pembagian tugas, penentuan urutan kegiatan dan materi. Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan perwakilan guru untuk menentukan waktu dan tempat kegiatan. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan sosialisasi materi, demonstrasi dan praktik penggunaan Canva for Education, dan workshop pengembangan media pembelajaran digital dengan Canva. Terakhir, kegiatan ditutup dengan evaluasi baik proses maupun hasil dari kegiatan yang telah dilakukan. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa kegiatan ini mampu melatih kemampuan peserta dalam menggunakan Canva dalam mendesain dan memproduksi media pembelajaran digital. Hal ini dapat terlihat dari produk media yang dihasilkan berkategori “Baik”. Hasil pelatihan diharapkan dapat membantu para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, M., Sufyadi, S., Cyly, Z., & Dalu, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Add On Ispring Untuk Meningkatkan Minat Belajar Materi Kelompok Hewan. J-INSTECH, 4(1).

Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38604

Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online Jurnal Ilmiah Pro. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.

Budhayanti, C. I. S., & Praba, L. N. (2021). Pelatihan Strategi Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru di SDN O1 Dan O5 Pluit. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1170–1180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7772

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Harpeni Dewantara, A., & Harnida, A. B. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gufrah: Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/index

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817

Maryunani, M. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Melalui Aplikasi Canva Untuk Kelas Vi Sdn Krembangan Selatan Iii Surabaya. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 190–196. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.734

Mila, N., Naila, A., Azisah, Q., & Arisah, N. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19", 181–188.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Nadeak, E., & Elfaladonna, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva ( Studi Kasus : SDN 204 Palembang ). 2(3), 201–206.

Nurhayati, N., Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). The Data tes awal dan tes akhir. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Rahman, A., & I Nyoman, J. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Rusli, D. (2021). Pelatihan Media Belajar Digital Bagi Guru SDIT Mutiara Pariaman Di Era New Normal. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1226–1231. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7886

Santi, I. N. ., Mubaraq, R. ., & Farid, F. ,. S. S. (2020). Pelatihan membuat logo usaha menggunakan aplikasi canva bagi mahasiswa wirausaha. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(November), 41–45.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Published
2023-10-11
How to Cite
Rahmawati, L., Wibowo, W. S., Maryanto, A., & Nurohman, S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Canva for Education sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru IPA dalam Mendesain dan Memproduksi Media Pembelajaran di Era Digital. Surya Abdimas, 7(4), 585-595. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.2547
Section
Articles