Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Kemuhammadiyahan dan Ke‘aisyiyahan Bagi Guru-Guru TK ABA

  • Nini Aryani STKIP 'Aisyiyah Riau, Riau, Indonesia
  • Suparmi Suparmi STKIP 'Aisyiyah Riau, Riau, Indonesia
Keywords: Kemuhammadiyahan, Ke'aisyiyahan, Pelatihan, Video pembelajaran, Guru

Abstract

Pelaksanaan pelatihan memiliki tujuan untuk merefresh kembali wawasan tentang teknologi para pendidik agar dapat memanfaatkan aplikasi digital untuk mendukung proses pembelajaran agar pembelajaran lebih interaktif dan atraktif. Pelatihan ini memberikan pengalaman kepada guru cara atau teknis dalam membuat video pembelajaran secara mandiri, melatih bagaimana melakukan proses perekaman sampai pada editing video sehingga guru memiliki keterampilan yang mandiri membuat video pembelajaran kapan saja dan dimana saja. Pelatihan ini dikhususkan untuk materi Kemuhammadiyahan dan Ke’aisyiyahan sehingga penanaman nilai-nilai persyarikatan dapat diberikan baik kepada orangtua maupun pada anak. Pelaksanaan pelatihan melalui 3 tahapan; tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahapan persiapan, bertujuan untuk melihat kondisi awal keterampilan guru untuk merancang dan membuat video yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran, hasil menunjukkan 100% guru belum mampu merancang dan membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Kinemaster, tahap pelaksanaan pelatihan yang diawali dengan penyampaian materi terkait cara-cara membuat video pembelajaran, latihan dan pendampingan membuat video pembelajaran, tahap evaluasi dengan hasil bahwa 88% guru sudah memiliki keterampilan dalam membuat video pembelajaran Kemuhammadiyahan dan Ke‘aisyiyahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(4), 242-247.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330-6338.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).

Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. JTIP: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 85-88.

Kis, K., Kirana, C., Romadiana, P., Wijaya, B., & Raya, A. M. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-7.

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194-204.

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan hasil belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45-51.

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (2), 222-235.

Putri, N. E., & Mudinillah, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Pembuatan Media Pembelajaran Tematik di SD IT AL-BINA 01 KOTO BARU. Jurnal Ilmiah Ibtida: Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang, 2(1), 73-90.

Nurhikmah, H., & Haling, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Media Video di Kabupaten Sinjai. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 29(11).

Raihana, R. (2018). Urgensi sekolah PAUD untuk tumbuh kembang anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17-28.

Setyonugroho, W., Permana, I., Ulfa, M., Muttaqien, M., & Utomo, G. A. W. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Video Berbasis Audio Visual dengan Smartphone untuk Guru TK ABA. Surya Abdimas, 5(3), 213-223. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i3.1198

Warliani, R., & Fauziyyah, S. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 372-377.

Rusmiyati, I., Nurkamto, J., & Haryanti, S (2014). Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2), 171-184.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Published
2023-04-18
How to Cite
Aryani, N., & Suparmi, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Kemuhammadiyahan dan Ke‘aisyiyahan Bagi Guru-Guru TK ABA. Surya Abdimas, 7(2), 282-288. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i2.2806
Section
Articles