Pelatihan Kreativitas Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama

  • Prasetio Ariwibowo Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Tjipto Djuhartono Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Endah Widati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Meiliana Anastasya Tjahjadi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
Keywords: Pelatihan, Proposal, PTK, Artikel ilmiah, Guru

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan adalah melakukan sosialisasi dan menyelenggarakan pelatihan penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas yang sesuai dengan permasalahan pembelajaran pada peserta didi. Permasalahan utama mitra belum  familiar dengan PTK karena belum memahami dengan baik prosedur dan evaluasi PTK. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa program pendampingan penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SMP Negeri 14 Kota Bekasi dalam bentuk workshop. Selain itu, dilakukan pula pendampingan penyusunan dan publikasi hasil PTK dalam bentuk artikel ilmiah yang layak dipublikasikan, kemudian evaluasi dan refleksi berbentuk sesi tanya jawab antara peserta (mitra) abdimas dengan tim pelaksana abdimas Universitas Indraprasta PGRI. Pada kegiatan abdimas ini guru-guru akan di pandu dalam menggunakan OJS (Open Journal System) jurnal ilmiah dan penyusunan proposal dan laporan akhir penelitian khususnya dalam pembuatan atikel ilmiah tentang penelitian tindakan kelas. Hasil dari kegiatan abdimas ini terjadi peningkatan pemahaman dan kemampuan guru dalam menulis Penelitian Tindakan Kelas (mulai dari penyusunan proposal hingga artikel ilmiah yang siap dipulikasikan) secara signifikan. Umpan balik dari peserta tentang pelaksanaan pembelajaran yang telah diselesaikan cukup baik. Berdasarkan hasil Abdimas yang telah dilakukan sebagai kegiatan pendukung guru, pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dalam pelaksanaan kegiatan reflektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Siti Nurul, & Sudira, Putu. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 88-102. DOI : 10.21831/jpv.v5i1.6077

Bakker, A., & Akkerman, S. F. (2014). A boundary-crossing approach to support students’ integration of statistical and work-related knowledge. Educational Studies in Mathematics, 86, 223-237. DOI : https://doi.org/10.1007/s10649-013-9517-z

Chairunisa, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Produktivitas Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-A SMPN 14 Bandung. Doctoral dissertation. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Djuhartono, T., Ariwibowo, P., & Alhamidi, L. A. (2021). Implementation of Total Quality Management (TQM) on Teaching Factory (TEFA) Vocational Middle School in Bogor District. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 269–282. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i02.4847.

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi belajar dan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108-113. DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). Url :

Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Bantul : Mata Kata Inspirasi. Url : http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4822/1/Strategi%20Pembelajaran.pdf

Mahayanti, Ni Wayan Surya, & Utami, I. Made Istri. (2017). Pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas bagi guru bahasa inggris SMP di kecamatan Sukasada. Widya Laksana, 6(2), 145-155. DOI: https://doi.org/10.23887/ jwl.v6i2.11619

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pelatiihan Pendidikan Profesi Guru: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204 – 210. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287.

Novianingsih, H. (2016). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-11.

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139 – 149.

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Universitas Negeri Medan, 1(1), 95–102.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10-23.

Sari, Hevi. Noer. Mayasari. (2014). Implementasi Metode Vak (Visual Auditori Kinestetik) Guna Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Materi Penegakan Ham ( Kelas X Bina Prestasi 2 Di Man 2 Ponorogo Tahun 2013 / 2014). Skripsi. Ponorogo : Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Setiawati, E., Salamah, Tarto. (2018). Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Dan Artikel Ilmiah Pada Guru Bk SMA/MA Di Kabupaten Bantul. Dharma Bakti 1(1), 34-44. DOI: https://doi.org/10.34151/dharma.v1i1.292.

Sukendra, I. K., Fridayanthi, P. D., Darmada, I., & Surat, I. (2021). PkM. Sosialisasi Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru SMP Negeri 3 Abiansemal Badung. Jurnal PKM. Widya Mahadi, 2(1), 74-83

Susanti, Emilia dan Hartanto, Dicki. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(1), 151-174. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ potensia.v1i1.1246

Zulfiani, Z., Herlanti, Y., & Sofyan, A. (2016). Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(2). DOI : 10.21831/cp.v15i2.8054

Published
2023-04-21
How to Cite
Wibowo, P. A., Djuhartono, T., Widati, E., & Tjahjadi, M. A. (2023). Pelatihan Kreativitas Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. Surya Abdimas, 7(2), 289-299. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i2.2830
Section
Articles