Pendampingan Pembelajaran Berbasis Bahan Alam Bagi Orang Tua Wali di Kelompok Bermain

  • Nurjanah Nurjanah STAINU Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Handara Tri Elitasari STAINU Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ita Apriliani Nur Rizki STAINU Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Pembelajaran, Bahan Alam, Orang Tua

Abstract

Media pembelajaran merupakan komponen yang ikut andil dalam terlaksananya proses pembelajaran dalam tingkat satuan pendidikan. Pada media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini sangat penting, mengingat perkembangan anak pada usia 0-6 tahun berada pada masa berfikir konkrit. Namun masih ada orang tua yang menganggap bahwa media pembelajaran itu harus didapatkan dari toko dengan cara membeli. Padahal sebenarnya orang tua dapat menciptakan sendiri medianya. Salah satu solusi yang bisa menanggulangi kondisi tersebut adalah perlu dilakukan pendampingan dalam memanfaatkan bahan alam sebagai media pembelajaran anak usia dini. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta pengetahuan tentang media belajar bagi orang tua wali KB Hidayatul Mubtadi. Sasaran kegiatan ini yaitu orang tua wali KB Hidayatul Mubtadi. Kegiatan diawali dengan memberikan pengantar tentang Pentingnya peran orang tua dalam perkembangan anak, Bahan alam sebagai media pembelajaran. Kegiatan dilanjutkan dengan mendampingi dalam membuat media pembelajaran berbasis alam dengan menggunakan bahan alam yang ada dilingkungan sekitar. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek mandiri dalam membuat media pembelajaran berbasis bahan alam untuk dapat melihat peningkatan pengetahuan orang tua mengenai media pembelajaran yang dibuat dari bahan alam. Hasil dari kegiatan ini adalah orang tua wali murid dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media belajar bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49-57.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4±6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hainstock, Elizabeth G. (1999). Metode Pengajaran Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Istianti, T. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Din. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Jean Piaget. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah keluarga: Menciptakan lingkungan sosial untuk membangun empati dan kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Musbikin, Imam (2010). Buku Pintar PAUD. Yogyakarta: Laksana

Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-57.

Santoso, Soegeng, (2006). Dasar-dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Sulastri, S., & Tarmizi, A. T. A. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80.

Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19-29.

Wulandarari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158.

Yuliandari, N., & Mahyuddin, N. (2020). Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini melalui Metode Montessori. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(2), 74-85.

Published
2023-07-28
How to Cite
Nurjanah, N., Elitasari, H. T., & Rizki, I. A. N. (2023). Pendampingan Pembelajaran Berbasis Bahan Alam Bagi Orang Tua Wali di Kelompok Bermain. Surya Abdimas, 7(3), 490-497. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2855
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)