Digital Marketing dan Sertifikasi Halal Sebagai Upaya Pemberdayan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

  • Semi Sukarni Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Khusnul Khotimah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Bayu Adi Nugroho Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fajar Rahayu Triastuti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ma’mun Rosyid Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Inayah Fitriani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Puguh Okta Baharimarbudi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ramadhani Wijaya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Refi Adha Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ani Wardani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Rachmat Indriani Nurjanah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: UMKM, KKNT, Sertifikasi, Halal, Digital, Marketing

Abstract

Sebagai upaya pemberdayaan UMKM di desa Paitan kelompok KKNT kelompok 38 memilih digital marketing dan sertifikasi halal, tujuannya untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Kegiatan ini dilaksanakan di desa Paitan, kecamatan Kemiri, kabupaten Purworejo. Peserta kegiatan ini yaitu anggota karang taruna dan para pelaku UMKM yang ada di desa Paitan yang diselenggarakan secara luring yang dikemas dalam bentuk pelatihan dan workshop dengan mengundang narasumber. Pelatihan digital marketing dilaksanakan oleh mahasiswa yang menguasai bidang IT dan pemasaran sedangkan untuk kegiatan untuk kegiatan sertifikasi halal dilaksanakan dengan mengundang nara sumber dari UM Purworejo. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, kelompok UMKM telah memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam pemasaran digital dan pengusulan sertifikasi halal dari produk yang dihasilkan, sehingga produk yang dihasilkan UMKM dapat ditingkatkan secara kualitas dan kuantitas untuk meningkatkan perekonomian warga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewanti, Ningsih, H., Paryanto, E., & Yudhanto, S. H. (2021). Desain Kemasan Produk UMKM Makanan Ringan sebagai Peningkatan Daya Beli Konsumen Keripik Singkong. UN PENMAS, 1(2), 57–64.

Fristica Emiliani, Sabilla Rizqiana, Ryan Suhandito, Navira Nuraini Muchibbah, Risna Nurmahfidhoh, M. A. F. H. (2021). Analisis Pemberdayaan Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19. SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam 83(1), 2808–7089.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.

Hilmiana, H., & Kirana, D. H. (2021). Peningkatan Kesejahteraan Umkm Melalui Strategi Digital Marketing. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 124. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32388

Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020). Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’Ah, 8(2), 109–127. https://doi.org/10.29244/jam.8.2.109-127

Kusnandar, K., Harisudin, M., Adi, R. K., Qonita, R. A., Khomah, I., Riptanti, E. W., & Setyowati, N. (2021). Perbaikan Kemasan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Ukm Murni Snack. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 320. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.34958

Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan pengembangan kemasan produk bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 115-120.

Muttaqien, M., Ardianto, P., Alifa, S. M., Hasbi, R. M., Herwanto, I., & Darmawan, A. N. (2022). Branding Produk Wedang Uwuh Wani Mekar Kelompok Wanita Tani Sanggrahan 2. Surya Abdimas, 6(3), 537-545.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Nukeriana, D. (2018). Implementasi Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan di Kota Bengkulu. Qiyas, 3(1), 154–166.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Puspaningtyas, M., Sulastri, S., & Putri, D. M. (2020). Sertifikat Halal Bagi Produk Makanan dan Minuman untuk Meningkatkan Citra UMKM di Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 101. https://doi.org/10.30999/jpkm.v9i2.647

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Sukoco, I., Fordian, D., Fauzan, F., & Kurniawati, L. (2021). Penyuluhan Makanan, Bisnis Kuliner, Dan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Ukm Kabupaten Pangandaran. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 344. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.32467

Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540

Wibawanti, J. M. W., Mudawaroch, R. E., & Pamungkas, S. (2020). Inovasi Pengolahan Produk Turunan Madu Lebah Klanceng Menjadi Bee Polen Kapsul Sebagai Sumber Antioksidan di Desa Jelok Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Surya Abdimas, 4(1), 19-24. https://doi.org/10.37729/abdimas.v4i1.471

Zaifuddin, Z. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Online Marketing: Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa Berbasis Digital. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 10(1), 31-40.

Published
2023-07-25
How to Cite
Sukarni, S., Khotimah, K., Nugroho, B. A., Triastuti, F. R., Rosyid, M., Fitriani, I., Baharimarbudi, P. O., Wijaya, R., Adha, R., Wardani, A., & Nurjanah, R. I. (2023). Digital Marketing dan Sertifikasi Halal Sebagai Upaya Pemberdayan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Surya Abdimas, 7(3), 473-481. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2904
Section
Articles