Pendampingan Kelas Ibu Hamil Cerdas Mandiri Melalui Pelatihan Senam Varises, KIE Gizi Seimbang, dan Strategi Pengelolaan Emosi Selama Kehamilan

  • Nur Susanti Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • Wahyuningsih Wahyuningsih Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nisfa Prihanani Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • Meri Istikomah Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Ibu hamil, KIE, Emosi, Senam, Varises, Gizi

Abstract

Kelas ibu hamil merupakan bentuk pendidikan parental yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil dapat meningkatkan perilaku positif dalam menjaga kesehatan kehamilannya. Kegiatan kelas ibu hamil ini berisi sarana belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil. Di desa Puworejo, kecamatan Sragi telah memiliki kelas ibu hamil namun pelaksanaanya masih belum optimal dan kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam mempersiapkan kelahiran yang sehat dan masih adanya kasus kematian bayi dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman ibu hamil terkait senam varises dan gizi seimbang pada ibu hamil serta pengelolaan emosi selama hamil. Metode yang dipakai adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan cara kegiatan yang dilakukan dipandu atau difasilitasi oleh fasilitator/tim dosen secara partisipatif yang tujuannya mengatasi permasalahan secara kompleks partisipatif. Kegiatan pendampingan ini di dilakukan hari Minggu tanggal 5 maret 2023 bertempat di aula SD Negeri di desa Purworejo Sragi dan diikuti sebanyak 23 peserta yang terdiri dari ibu hamil dan kader kesehatan. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman ibu hamil mengenai manfaat dan praktek senam varises, gizi seimbang bagi ibu hamil serta coping emosi selama kehamilan. Saran yang direkomendasikan dalam kegiatan pengabdian ini adalah perlunya pendampingan secara berkelanjutan terkait pengembangan kelas ibu hamil ini serta perlunya evaluasi sumatif kepada peserta terkait rangkaian pendampingan yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2021). Buku KIA Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paradigma (Pemberdayaan & Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 39-44.

Badan Pusat Statistik. (2023). Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 (Januari 2023). Badan Pusat Statistik.

Baral, D. S. ,Sudeep U. and B. L. (2016). How To Guide Focus Group Discussion (FGD). www.herd.org.np

Citra, F., & Nahdliyyah, A. I. (2022). Study Kasus: Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kondisi Varises Vena Tungkai Bawah (VVTB). Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 6(2), 87-93.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Pedoman Kelas Ibu Hamil. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia .

Dwiyani, B. F., & Widuri, E. L. (2022). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Kecemasan pada Ibu Hamil di Puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(03), 334-345.

Fahlevie, R., & Semadi, N. (2019). Prevalensi Varises Tungkai Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Wilayah Denpasar Selatan. MEDIKA UDAYANA 8(8).

Fazdria, F., & Harahap, M. S. (2016). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Desa Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota Kabupaten Kota Langsa Tahun 2014. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 16(1), 6-13.

Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2019). Buku pedoman/petunjuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Kemenkes RI. (2021). Buku KIA Tahun 2021.

Pemdes Desa Purworejo Sragi. (2022). Profil Desa Purworejo.

Pramita, N. M. A., & Muliani, I. (2020). Berdiri Lama sebagai Faktor Risiko Terjadinya Varises Vena Tungkai Bawah pada Wanita Usia Menopause di Desa Perean Tengah. E-Jurnal Medika Udayana, 9(10), 49-53.

Rahayu Widiarti, I., & Yulviana, R. (2022). Pendampingan Senam Hamil pada Ibu Hami Trimester III untuk Mengurangi Nyeri Punggung di PMB Rosita, S.Tr, Keb Tahun 2021. Jurnal Kebidanan Terkini (Current Midwifery Journal), 1(2), 153–160. https://doi.org/10.25311/jkt/vol1.iss2.463

Lestari, T. R. P. (2019). Pencapaian Status Kesehatan Ibu Dan Bayi Sebagai Salah Satu Perwujudan Keberhasilan Program Kesehatan Ibu Dan Anak. Kajian, 25 (1), 75–89.

Sari, A. A., & Puspitasari, D. (2016). Hubungan senam yoga dengan kesiapan fisik dan psikologis ibu hamil dalam menghadapi persalinan di kelas antepartum gentle yoga Yogyakarta. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2).

Susanti, N., Dwitasari Wulandari, I., Ristiawati, D., (2019). IbM Kelas Ibu Hamil Pondok Bersalin As-Syakira Kabupaten Pekalongan dan Rumah Bersalin Bhakti Ibu Kota Pekalongan. Abdimas Unwahas, 4(1).

Wahyuningsih, & Irawan, T. (2018). Strategi Peningkatan Status Gizi Balita di Kabupaten Batang (Upaya Menurunkan Angka Kejadian Gizi Buruk). RISTEK; Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi, 2(2), 53–66.

Wahyuningsih, & Irawan, T. (2022). Environmental Factor Correlation to stuntend in Toddlers (Case Study in Sragi, Pekalongan District). Promotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(2), 212–219.

Published
2023-10-30
How to Cite
Susanti, N., Wahyuningsih, W., Prihanani, N., & Istikomah, M. (2023). Pendampingan Kelas Ibu Hamil Cerdas Mandiri Melalui Pelatihan Senam Varises, KIE Gizi Seimbang, dan Strategi Pengelolaan Emosi Selama Kehamilan. Surya Abdimas, 7(4), 651-659. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.3009
Section
Articles