Pelatihan Tes Standar Bahasa Inggris Berekuivalensi TOEFL-Like Bagi Siswa

  • Ismawati Ike Nugraheni Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Abdul Ngafif Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Basuki Basuki Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Andrian Nuriza Johan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Pelatihan, Tes, TOEFL-Like

Abstract

Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. Permasalahan yang dialami  siswa di sekolah tersebut adalah mereka belum memahami materi tes standar Bahasa Inggris yang berekuivalensi TOEFL. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melatih keterampilan berbahasa Inggris Listening Comprehension, structure and Written Expression, Reading comprehension, dan Vocabulary yang ada pada tes standar Bahasa Inggris berekuivalensi TOEFL-Like. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan diskusi, tanya jawab, dan praktik.  Secara umum langkah-langkah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bisa dibagi empat: analisa masalah dan kebutuhan, pengajuan penawaran kerjasama, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini mendapatkan sambutan positif dari pihak SMK Muhamamdiyah Purwodadi, terutama karena program ini sesuai dengan kebutuhan para siswa kelas XII yang akan menjadi calon lulusan sekolah tersebut dan memasuki dunia kerja. Bentuk sambutan positif tersebut antara lain terlihat dari partisipasi aktif, baik dari pihak sekolah maupun dari para siswa sebagai peserta pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida, D. N. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris di Era Digital. Radar Jambi. https://radarjambi.co.id/read/2022/07/03/28721/pentingnya-bahasa-inggris-di-era-digital/

Andika, M., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251.

Arono, A. (2013). Model Pembelajaran Menyimak Aktif Integratif Melalui Multimedia Interaktif sebagai Determinan Peningkatan Kemampuan Menyimak Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu.

As’ari, C., Nofriati, E., Iswadi, Zuraini, & Zuhra, I. (2020). Sosialisasi Pengenalan TOEFL untuk Siswa SMA Sukma Lokseumawe. Aquana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 84–87.

Dimara, J. (2022). Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Kehidupan Sehari-Hari di Kelurahan Kalibobo jabupaten Nabire Papua Tengah. Jurnal Wiyata Cederawasih, 1(1), 40–45.

Fitria, T. nur, & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes TOEFL (Test of English as Foreign Language) untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen, dan Umum. Jurnal Budimas, 2(2), 173–180.

Hakim, M. A. R. (2016). Urgensi Penggunaan Bahasa Inggris Bagi Masyarakat Indonesia Dalam Menjalani Masyarakat EkonomiAsean (MEA). Jurnal At-Ta’lim, 15(2), 267–281.

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai dalam Menyongsong Asean Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106.

Husein, A. M., & Dewi, R. K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pragmatis Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Guru di MTs. Jauharul UlumDesa Locancang Panarukan Situbondo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 39–43.

Iriance. (2018). Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Lingua Franca dan Posisi Kemampuan Bahasa Inggris Masyarakat Indonesia Diantara Anggota MEA. Prosiding 9th Industrial Research Workshop And National Seminar. Vol.9, 776–783.

Juriana. (2017). Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Dakwah pada Era Global. Mawa’izh: Jurnal Dakwan Dan Pengembangan Kemanusiaan, 8(2), 241–258.

Kurniawati, D. (2015). studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Menyimak Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung Tahun pelajaran 2015/2016. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 8(1), 2015.

Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi- Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 43–50.

Mulyawan, U. (2020). Problematika Online learning; hambatan pembelajaran bahasa inggris siswa. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 301-308.

Rahayu, R. S. (2018). Studi Literatur : Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis dan Pemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 2018.

Roinah. (2022). Penggunaan Bahasa Inggris Pada Masyarakat Ekonomi Asean di masa pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), 3625–3637.

Sari, R. K. (2022). English for Teens: Upaya Meningkatkan Kesadaran Anggota Karang Taruna Untuk Memahami Dan Mempraktekkan Bahasa Inggris Dalam Berkomunikasi. Jurnal AKRAB JUARA, 7(1), 23–37.

Shobikah, N. (2017). The Importance of English Language in Facing Asean Economic Community (AEC. Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 11(1), 85–93.

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Rotin, D. A., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2020). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316–325.

Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang dihadapi pelajar bahasa Inggris dalam memahami pelajaran bahasa Inggris. DIALEKTIKA: Jurnal bahasa, sastra dan budaya, 8(1), 30-41.

Published
2023-10-15
How to Cite
Nugraheni, I. I., Ngafif, A., Basuki, B., & Johan, A. N. (2023). Pelatihan Tes Standar Bahasa Inggris Berekuivalensi TOEFL-Like Bagi Siswa. Surya Abdimas, 7(4), 608-613. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.3027
Section
Articles