Peningkatan Literasi Mutu Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Sekolah
Abstract
Teknologi merupakan pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan praktis dalam penerapan kehidupan sehari hari, baik dilingkungan formal maupun informal. Teknologi dalam pendidikan formal memiliki peran untuk meningkatkan produktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, inovasi pembelajaran, mendukung pendidikan, meningkatkan komunikasi, dan juga meningkatkan literasi. Program literasi sekolah bertujuan mengembangkan kempetensi siswa dalam memahami dan menganalisis informasi, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di SMA N 6 Purworejo yaitu untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi siswa melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajarane. Hal tersebut dilakukan berdasarkan hasil capaian mutu pendidikan khususnya literasi di sekolah mengalami penurunan. Adapaun tahapan dalam kegiatan dilakukan melalui Engagement, Intake and Contract, Perencanaan, Intervensi dan eval_uasi. Fokus kegiatan yaitu peningkatan pada literasi dengan mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat terkait peningkatan literasi mutu pendidikan menunjukkan bahwa integrasi teknologi pada pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan dan minat belajar, motivasi dan antusias guru dalam praktik menggunakan teknologi meningkat, perluasan akses guru memanfaatkan berbagai aplikasi digital dalam pembelajaran meningkat, dan guru bisa mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran. Dari kegiatan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi guru dan literasi mutu pendidikan. Kegiatan pelatihan berkelanjutan guru dalam meningkatkan literasi pendidikan siswa perlu dilakukan, kegiatan ini dapat memberikan konstribusi guru tentang strategi untuk peningkatan literasi siswa yang lebih baik
Downloads
References
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., Kurniawan, E. S., Yoestara, M., Fazilla, S., & Zulfikar, S. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media.
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Huraerah, A. J. A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Journal of Islamic Education Policy, 8(2).
Ilma, T., & Ibrohim, B. (2020). Berbagai kegiatan membaca untuk memicu budaya literasi di sekolah dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 41–54.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50.
Nuraini, R., Pattiasina, P. J., & Ulfah, A. (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 659–666.
Palupi, A. N., Widiastuti, D. E., Hidhayah, F. N., Utami, F. D. W., & Wana, P. R. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Bayfa Cendekia Indonesia.
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.
Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40–47.
Sasmita, E., & Darmansyah, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5545–5549.
Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T. M., & Juliati, J. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69–75.
Suryana, A. L., Rosana, D., Wilujeng, I., Suyanta, S., & Widyapuraya, N. W. (2023). Profil kemampuan literasi teknologi siswa SMP kelas vii dalam pelaksanaan pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 178–190.
Zuhra, F., Nurhayati, N., Safarati, N., Rahma, R., & Jasmaniah, J. (2021). Pelatihan Implementasi Literasi Dan Numerasi Dalam Proses Pembelajaran untuk Guru MTsS. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3434–3441.
Copyright (c) 2024 Yuli Widiyono, Joko Purwanto, Eny Ermaeni, Joko Susilo, Triyati Triyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.