Pendampingan Manajemen Pendidikan Sekolah Alam Non Formal Neo Insani guna Peningkatan Tata Kelola dan Kompetensi Pedagogik Sekolah
Abstract
Sekolah Alam Neo Insani (SANI) merupakan satu-satunya sekolah untuk TK dan SD di kabupaten Kebumen yang telah menggunakan pendekatan talents mapping serta pengenalan konsep diri (pada jenjang TK) dan pengenalan jati diri (pada jenjang SD) sebagai dasar kurikulumnya. Sekolah ini merupakan sekolah berbasis Islam dengan pendekatan tauhid dan kecintaan terhadap Tuhan YME. Terdapat beberapa permasahan mitra, yaitu: kontrol mutu pendidikan yang kurang menyeluruh, penataan keuangan dan manajemen pemasaran yang belum terstandarisasi. Tidak adanya guru dengan latar pendidikan anak usia dini pada lembaga sekolah kesetaraan anak usia dini. Selain itu, ditinjau dari gedung yang digunakan masih belum kondusif untuk PKBM. PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam upaya peningkatan kualitas melalui pengelolaan administrasi dan manajemen secara umum (pemasaran, SDM, keuangan, dan operasional), penyempurnaan kurikulum dan peningkatan kompetensi pedagogic guru, serta peningkatan kualitas gedung. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini mulai dari FGD untuk menemukan permasalahan, pelatihan, benchmarking dan pendampingan. Melalui pendampingan ini perbaikan dalam aspek manajerial tata kelola sekolah, kurikulum dan kompetensi pedagogic guru, dan kualitas gedung sekolah. Mitra telah memiliki standar baku yang disusun selama pelatihan dan pendampingan. Standar tersebut meliputi standard operating procedure pada aspek manajemen administrasi dan operasional, manajemen keuangan pendidikan, dan manajemen pemasaran.
Downloads
References
Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam meningkatkan profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356-465. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Mulyono, M. A. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nazaruddin, I., & Putra, W. M. (2020). Sistem Akuntansi Keuangan Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.
https://doi.org/10.18196/ppm.33.329
Nurhayati, R. (2020). Pendidikan anak usia dini menurut Undang–Undang No. 20 Tahun 2003 dan sistem pendidikan Islam. Al-Afkar 3(2), Journal For Islamic Studies, 57-87. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.123
Syahmidi, S., Jasmani, J., Rahmat, R., & Tumini, T. (2023). Pendampingan tata kelola administrasi sekolah di Kota Palangka Raya. Jurnal Penamas Adi Buana, 7(1), 22-35. https://doi.org/10.36456/penamas.vol7.no01.a7205
Uhansyah, U. (2017). Pentingnya administrasi sekolah untuk kemajuan pendidikan. ITTIHAD, 15(27), 13-22. https://doi.org/10.18592/ittihad.v15i27.1595
Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225-236.
Copyright (c) 2024 Berlin Pratiwi, Kabul Trifiyanto, Wahyuni Windasari, Ika Neni Kristanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.