Seminar Sosialisasi dan Pendampingan Literasi Digital Bagi Guru Sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital di Sekolah
Abstract
Pengabdian ini merupakan hilirisasi dari penelitian dengan tema analisis dampak lingkungan sosial terhadap kemampuan literasi digital matematika. Masyarakat dituntut untuk mampu meningkatkan kemampuan dalam hal pemanfaatan teknologi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk usaha dalam peningkatan diri guna meningkatkan kualitas dan profesionalitas. Oleh karena itu, keterampilan literasi digital sangatlah penting dalam menjalani era digital bagi masyarakat secara umum. Di sisi lain kemajuan teknologi berbasis internet dan pentingnya bidang matematika, mengharuskan peserta didik mampu memahami dan menggunakan informasi yang diaksesnya. Dengan demikian kemampuan matematis yang merupakan bagian dari literasi matematika dapat dianalisis sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan literasi digital. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Bantul, Masalah yang dihadapi oleh mitra adalah rendahnya wawasan guru tentang literasi digital. Guru belum sepenuhnya paham tentang makna literasi digital, fungsi dan aplikasinya di sekolah. Oleh karena itu perlu dilakukannya sosialisasi berupa seminar dan pendampingan sehingga guru dapat memahami dengan seksama literasi digital yang menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dan peserta didik di era saat ini. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru dalam merancang dan memahami lebih dalam tentang kemampuan literasi digital. Metode pengabdian berupa seminar sosialisasi dan pendampingan, hal ini dimungkinkan agar guru dapat memahami dengan baik indikator-indikator yang mempengaruhi kemampuan literasi digital. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu penguatan pemahaman literasi digital bagi guru dan aplikasinya di sekolah. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon sangat baik dari mitra dan mengharapkan adanya seminar atau pengabdian dengan tema serupa atau tema lainnya.
Downloads
References
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13 (2), 214-225.
Argaheni, N. B. (2020). A Systematic Review: The Impact of Online Lectures during the COVID-19 Pandemic Against Indonesian Students. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8 (2), 99-108. doi:https://doi.org/10.20961/ placentum.v8i2.43008
Blummer, B. (2017). Digital literacy practices among youth populations: A review of the literature. Education Libraries: Childrens Resources, 31, 38-45. doi:https://doi.org/10.26443/ el.v31i3.261
Gilster, P. (1997). An excerpt from. Hoboken, New Jersey, USA: John Wiley & Sons.
Halim, Muhammad. (2023). 5 Manfaat Penting Literasi Digital Bagi Masyarakat. Yogyakarta: Aksaramaya.
Hasnadi. (2019). Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (pp. 610-620). Aceh: Universitas Abulyatama. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/ index.php/semdiunaya
Makarim, N. A. (2020, Maret 17). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Retrieved from Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/
Nurmalina. (2021). Literasi Media dalam Bahasa dan Sastra. Jakata: Bintang Pustaka Madani.
Oktaviani, U., & et.al. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.
Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Universitas Mercu Buana Yogyakarta . (2021 ). Rencana Strategis Pengabdian Pada Masyarakat Tahun 2021-2025. Yogyakarta: LP3M UMBY.
Pragusma, Z.B. (2023). Rendahnya Literasi Digital Indonesia. Binus University. https://binus.ac.id/character-building/2023/02/rendahnya-literasi-digital-indonesia/
Sara, M., Hajidi, & Elly, R. (2018). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 134-141.
Sumiati & Wijinarko. (2020). Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada Saat Pandemi Covid-19. Perpustakaan Maluku Tengah.
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).
Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Visual Literacy’s Utilization Of Social Media Instagram On Adult Education. Jurnal Akrab, 10 (1), 71-80.
Copyright (c) 2024 Arie Purwanto, Rusmining Rusmining
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.