Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Teknologi dan Nilai Keislaman Bagi Guru

  • Tusino Tusino Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Rofiq Nurhadi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Tri Ermayani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, Teknologi informasi, Nilai keislaman

Abstract

Minimnya ketrampilan guru dalam mengembangkan materi ajar berbasis teknologi informasi dan nilai keislaman dialami oleh para guru di Malaysia. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh tiga orang dosen di sekolah Maahad As-Sultan Ahmad Shah Addini (SAS) Pahang, Malaysia. Kegiatan ini merupakan pelatihan penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dan nilai keislaman di sekolah berbasis pondok pesantren di Jengka, negara bagian Pahang, Malaysia. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan model pelatihan dan workshop secara face-to-face bagi guru tingkatan 1-5 di sekolah Maahad SAS Pahang Malaysia. Peserta pelatihan adalah 20 orang guru dari semua mata pelajaran. Analisis ketercapaian program dilakukan dengan model wawancara terstruktur terhadap peserta pelatihan. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, terjadi peningkatan ketrampilan dalam penerapan media pembelajaran berbasis teknologi informasi di dalam kelas. Selain itu, guru dapat menginternalisasi nilai-nilai keislaman di dalam struktur kurikulum mata pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, Abd. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran video dengan videoscribe untuk mengoptimalisasi pembelajaran berbasis 4.0. Darmabakti : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.51-57

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITAN: Jurnal-Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2). 145-167.

Handayani, F., Yulianti, N., & Erita, Y. (2022). Desain pembelajaran IPS dan PKn berbasis teknologi informasi di tingkat sekolah dasar serta penggunaan media teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 6(1), 767–781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2034

Hardianto, R., Sean Marta Efastri, & Eddissyah Putra Pane. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi untuk pendidik PAUD Di Kec Bukit Raya Kota Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.8026

Lubis, N. A., & Wahyuni, I. (2021). Peran teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di tengah pandemi Covid-19. An-Nuha, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.3

Lubis, R., Atin, S., Harihayati, T., Widianti, U. D., & Susanto, R. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi kader pendidikan anak usia dini di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(1), 22–28. https://doi.org/10.34010/icomse.v1i1.2792

Maharani, I. N., & Saepuloh, L. (2017). Pelatihan membuat media pembelajaran berbasis IT bagi guru-guru SMP Daarul Faalah Cisaat Kabupaten Sukabumi. Surya : Jurnal Seri Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 113–118. https://doi.org/10.37150/jsu.v2i1.58

Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 183-196.

Martina, F., Friantary, H., & Syafryadin, S. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar keterampilan membaca berbasis konten keislaman untuk guru bahasa Inggris di tingkat Madrasah Aliya (MA) Kota Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(2), 162–182. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i2.16382

Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Nurfadillah, S., Azhar, C. R., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1). 153-163. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1288

Rahman, F., Y., Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Indah Purnomo, I. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran buku digital menggunakan Flipbook pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas pelatihan membuat media pembelajaran interaktif dengan Macro Powerpoint bagi guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107

Syahroni, M. (2020). Pelatihan implementasi media pembelajaran interaktif guna peningkatan mutu pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Wati, L., Rahimah, R., Nengsih, E. W., & Mardaya, M. (2021). Media pembelajaran majalah fisika terintegrasi nilai Keislaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 192. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2731

Published
2024-04-08
How to Cite
Tusino, T., Nurhadi, R., & Ermayani, T. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Teknologi dan Nilai Keislaman Bagi Guru . Surya Abdimas, 8(2), 229-236. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i2.4115
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)