Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Teknologi dan Nilai Keislaman Bagi Guru
Abstract
Minimnya ketrampilan guru dalam mengembangkan materi ajar berbasis teknologi informasi dan nilai keislaman dialami oleh para guru di Malaysia. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh tiga orang dosen di sekolah Maahad As-Sultan Ahmad Shah Addini (SAS) Pahang, Malaysia. Kegiatan ini merupakan pelatihan penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dan nilai keislaman di sekolah berbasis pondok pesantren di Jengka, negara bagian Pahang, Malaysia. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan model pelatihan dan workshop secara face-to-face bagi guru tingkatan 1-5 di sekolah Maahad SAS Pahang Malaysia. Peserta pelatihan adalah 20 orang guru dari semua mata pelajaran. Analisis ketercapaian program dilakukan dengan model wawancara terstruktur terhadap peserta pelatihan. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, terjadi peningkatan ketrampilan dalam penerapan media pembelajaran berbasis teknologi informasi di dalam kelas. Selain itu, guru dapat menginternalisasi nilai-nilai keislaman di dalam struktur kurikulum mata pelajaran.
Downloads
References
Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, Abd. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran video dengan videoscribe untuk mengoptimalisasi pembelajaran berbasis 4.0. Darmabakti : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.51-57
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITAN: Jurnal-Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2). 145-167.
Handayani, F., Yulianti, N., & Erita, Y. (2022). Desain pembelajaran IPS dan PKn berbasis teknologi informasi di tingkat sekolah dasar serta penggunaan media teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 6(1), 767–781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2034
Hardianto, R., Sean Marta Efastri, & Eddissyah Putra Pane. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi untuk pendidik PAUD Di Kec Bukit Raya Kota Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.8026
Lubis, N. A., & Wahyuni, I. (2021). Peran teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di tengah pandemi Covid-19. An-Nuha, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.3
Lubis, R., Atin, S., Harihayati, T., Widianti, U. D., & Susanto, R. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi kader pendidikan anak usia dini di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(1), 22–28. https://doi.org/10.34010/icomse.v1i1.2792
Maharani, I. N., & Saepuloh, L. (2017). Pelatihan membuat media pembelajaran berbasis IT bagi guru-guru SMP Daarul Faalah Cisaat Kabupaten Sukabumi. Surya : Jurnal Seri Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 113–118. https://doi.org/10.37150/jsu.v2i1.58
Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 183-196.
Martina, F., Friantary, H., & Syafryadin, S. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar keterampilan membaca berbasis konten keislaman untuk guru bahasa Inggris di tingkat Madrasah Aliya (MA) Kota Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(2), 162–182. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i2.16382
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Nurfadillah, S., Azhar, C. R., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1). 153-163. https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1288
Rahman, F., Y., Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Indah Purnomo, I. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran buku digital menggunakan Flipbook pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214
Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas pelatihan membuat media pembelajaran interaktif dengan Macro Powerpoint bagi guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107
Syahroni, M. (2020). Pelatihan implementasi media pembelajaran interaktif guna peningkatan mutu pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Wati, L., Rahimah, R., Nengsih, E. W., & Mardaya, M. (2021). Media pembelajaran majalah fisika terintegrasi nilai Keislaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 192. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2731
Copyright (c) 2024 Tusino Tusino, Rofiq Nurhadi, Tri Ermayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.