Pendampingan Pada Guru-guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan LKPD Berbasis Kearifan Lokal

  • Sumargiyani Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Burhanudin Arif Nurnugroho Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Iwan Tri Riyadi Yanto Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: LKPD, Kearifan lokal, Pendampingan guru

Abstract

Perangkat pembelajaran seperti LKPD yang baik, seharusnya dibuat sesuai karakteristik siswa dan dibuat oleh guru sendiri. Namun, di sekolah SD Muhammadiyah Unggulan Al Fatih Patuk  Gunungkidul, guru-guru masih minim dalam membuat LKPD sendiri. Tujuan  dari pengabdian masyarakat dihasilkannya LKPD berbasis kearifan lokal yang dibuat guru SD Muhammadiyah Unggulan Al Fatih Patuk Gunungkidul. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh dua dosen Pendidikan Matematika, satu dosen Sistem Informasi, dan lima mahasiswa dari Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop dan pendampingan peserta dalam membuat LKPD.   Peserta terdiri dari semua guru SD Muhammadiyah Unggulan Al Fatih sebanyak 14 orang guru. Pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, tanggal 2 Maret dan 9 Maret 2024. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, dihasilkannya empat buah LKPD yang dibuat oleh peserta mulai kelas I sampai dengan kelas IV dan terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan peserta pengabdian dari 88 persen (sebelum kegiatan) menjadi 96 persen (setelah kegiatan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(2), 152–155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900

Anggraini, F., Frima, A., & Valen, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja pada Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2883–2891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2515

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Open- Ended Problem Pada. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

Farid, A., & Sudarma, K. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 126–134. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.42138

Hidayah, I. N., & Kuntjoro, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Science Literacy untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 384–393. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p384-393

Kristyowati, R. (2018). Lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 0(0), 282–287.

Mispa, R., Prahatama Putra, A., & Zaini, M. (2022). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2134–2145. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.478

Muhammad Febri Rafli, & Mahlianurrahman. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Pada Guru SDN 050763 Gebang. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 148–152. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i2.132

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Development Of Students‟ Work Sheets (LKPD) Based On Scaffolding To Train Concept Understanding. Annals of Tourism Research, 3(1), 1–2.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777

Pulungan, M., Usman, N., Suratmi, S., Suganda M, V. A., & Harini, B. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(1), 29–36. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11621

Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis PBL pada Muatan IPA Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 155–163. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.47031

Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446–455. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997

Sari, S. E. (2022). Penggunaan Google Form Sebagai E-LKPD Pada Materi Lambang Unsur, Rumus Kimia dan Persamaan Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Semester Ganjil Di SMKN 1 Seberida TP 2021/2022. Jurnal ESTUPRO, 7(1), 11–20.

Susilawati, S., Asyiah, N., & Iskandar, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet bagi Guru SD. Warta LPM, 25(3), 388–396. https://doi.org/10.23917/warta.v25i3.1034

Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 372–380. https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.5210

Published
2024-07-25
How to Cite
Sumargiyani, S., Nurnugroho, B. A., & Yanto, I. T. R. (2024). Pendampingan Pada Guru-guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan LKPD Berbasis Kearifan Lokal. Surya Abdimas, 8(3), 395-403. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i3.4994
Section
Articles