Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengenalan Produk Olahan Ubi Kayu dan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM

  • Onne Akbar Nur Ichsan Institut Teknologi Pagar Alam, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Dedi Setiadi Institut Teknologi Pagar Alam, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Riduan Syahri Institut Teknologi Pagar Alam, Sumatera Selatan, Indonesia
Keywords: Diversifikasi, Ubi kayu, Mocaf, Digital marketing, UMKM

Abstract

Masyarakat kelurahan Tebat Giri Indah banyak yang bekerja sebagai pedagang dan petani, namun jarang yang mengolah hasil produk pertaniannya sendiri. Para petani menjual langsung hasil pertaniannya kepada tengkulak atau pengepul yang cenderung tidak untung banyak. Atas permasalahan ini salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah melakukan pengenalan diversifikasi produk hasil pertanian, yaitu pada komoditas ubi kayu. Ubi kayu atau singkong akan menjadi produk yang bernilai tinggi apabila diolah menjadi produk turunan yang lebih baik dengan pengolahan sederhana, misalnya tepung singkong termodifikasi (mocaf) dan tela- tela. Tepung mocaf dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dari tepung singkong biasa karena memiliki karakter fisik yang lebih lembut sedangkan tela- tela dapat menjadi variasi produk dari pelaku UMKM makanan ringan. Tujuan dari pangabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait olahan diversifikasi produk ubi kayu dan terkait dengan pemasaran digital. Metode sosialisasi dilakukan beserta pelatihan langsung pembuatan tepung mocaf dan tela tela untuk para peserta pelaku UMKM Tebat Baru Ilir. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta dari beberapa UMKM. Hasil pengabdian ini peserta  mengalami peningkatan  pengetahuan, wawasan, dak keterampilan sebesar  80% dari sebelum dilakukan pengabdian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindita, B. P., Antari, A. T., & Gunawan, S. (2020). Pembuatan mocaf (modified cassava flour) dengan kapasitas 91000 ton/tahun. Jurnal Teknik ITS, 8(2), F170–F175.

Ariani Putri, N., Herlina, H., Subagio, A. (2018). Karakteristik Mocaf (Modified Cassava Flour) Berdasarkan Metode Penggilingan dan Lama Fermentasi. Jurnal Agroteknologi .12(1).

Fauzi, A., Sandopart, D. P. Y. A. L., Anglaini, E., Utami, P. K., Adha, M. A., & Dewanahalim, M. A. (2023). Pengaruh Permintaan Dan Penawaran Terhadap Kebutuhan Pokok Di Pasar. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 29–39.

Permatasari, A., SW, A. A. P., Suhendi, A. R., Nurhasanah, D. M., Abdullah, I., & Wardiyah, M. L. (2024). ANALISIS MEKANISME PASAR DALAM PASAR TRADISIONAL DI INDONESIA. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(6), 688–698.

Masniar, Purwanti, N., Mardliyah, U., Kayatun, S.N., Hermansa. (2022). Pelatihan Pengolahan Singkong (Tela-tela Singkong) Menjadi Oleh-oleh Khas Kampung Malaumkarta Distrik Makbon. Jurnal Abdimas Universitas Muhammadiyah Sorong. 4(1) https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1450

Putri, N. A., Herlina, H., & Subagio, A. (2018). Karakteristik mocaf (Modified Cassava Flour) berdasarkan metode penggilingan dan lama fermentasi. Jurnal Agroteknologi, 12(01), 79–89.

Rasoki, T., Asnamawati, L., & Nurmalia, A. (2021). Pengenalan Nilai Tambah Melalui Pengolahan Dan Pemasaran Tepung Mocaf Sebagai Diversifikasi Produk Berbahan Dasar Singkong. Surya Abdimas, 5(4), 542–548.

Saputra, M. H., & Murhadi, M. (2023). Akselerasi Peningkatkan Kinerja UMKM Pengerajin Bambu Melalui Digital Marketing. Surya Abdimas, 7(3), 401-413. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.3110

Setiadi, D, Onne Akbar Nur Ichsan, Novi Susanti. (2023). Pelatihan dan Pendampingan untuk Mengoptimalkan Produksi dan Pemasaran Produk UMKM Keripik, Kerupuk, Kemplang. Jurnal Masyarakat Mandiri Universitas Muhammadiyah Mataram. 7(6). https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19422

Salim, E. (2024). Mengolah Singkong Menjadi Tepung Mocaf, Bisnis Produk Alternatif Pengganti Terigu. Penerbit Andi.

Sjahruddin, H., Djaya, S., Mawarni, A., Pratiwi, D. A., & Mangasi, P. R. (2022). Pemanfaatan Ubi Kayu Sebagai Bahan Baku Tepung Mocaf Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi di Desa Pacellekang. Surya Abdimas, 6(1), 42–48.

Yuliana, E. (2017). Kewirausahaan dalam perspektif islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 15(2), 29–44.

Published
2024-07-31
How to Cite
Ichsan, O. A. N., Setiadi, D., & Syahri, R. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengenalan Produk Olahan Ubi Kayu dan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM. Surya Abdimas, 8(3), 449-454. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i3.5020
Section
Articles