Penerapan Smart Farming Dalam Pembelajaran Untuk Melatih Kemandirian Bagi Siswa Sekolah Luar Biasa

  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Yusro Al Hakim Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Didik Widiyantono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Smart farming, Pembelajaran, Kemandirian, Sekolah Luar Biasa

Abstract

Beberapa permasalahan yang terjadi di SLB pada umumnya juga terjadi di SLB Muhamamdiyah Kutoarjo yaitu keterbatasan fasilitas, sumber daya manusia yang terbatas, dan kesulitan dalam melatih kemandirian siswa. Pemanfaatan Internet of Things (IoT) dalam kegiatan proyek berkebun melalui teknologi smart farming di dalam pembelajaran belum banyak dikembangkan terutama di SLB. Tujuan kegiatan ini yaitu melatih kemandirian dan literasi digital pada siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) ini akan diklasifikasikan menjadi 3 level yang terdiri dari kemampuan mendistribusikan (mengkomunikasikan) isi pesan kepada orang lain, berpartisipasi dan berkolaborasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanalan pada bulan Juli hingga Oktober 2023. Pelaksanaan kegiatan ada 3 tahapan, yaitu analisis, pengembangan dan implementation, dengan melibatkan secara aktif guru maupun siswa. Berdasarkan hasil observasi ada peningkatan dari ketiga aspek kemandirian siswa, sehingga pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa pengintegrasian smart farming dalam pembelajaran di SLB yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pembiasaan bagi siswa dapat melatih kemandirian para siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-28
How to Cite
Fatmaryanti, S. D., Kurniawan, E. S., Hakim, Y. A., & Widiyantono, D. (2024). Penerapan Smart Farming Dalam Pembelajaran Untuk Melatih Kemandirian Bagi Siswa Sekolah Luar Biasa. Surya Abdimas, 8(3), 464 -. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i3.5592
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>