Peningkatan Kemamapuan Guru Fisika di Era New Normal Melalui Pelatihan Eksperimentasi Fisika Yang Mudah dan Efektif Secara Daring

  • Soka Hadiati IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Matsun Matsun IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Ira Novita Sari IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Lia Angraeni IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Eti Sukardi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Adi Pramuda IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Keywords: Eksperimentasi, Fisika, Teknologi

Abstract

Pembelajaran daring mengakibatkan eksperimen fisika tidak dapat dilaksanakan dengan optimal. Guru dan siswa kesulitan dalam melaksanakan praktikum. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan eksperimentasi fisika yang mudah dan efektif di era new normal. Pelatihan ini menggabungkan metode ekspositori, demonstrasi dan latihan mandiri. Pelatihan eksperimentasi fisika berbasis potensi lokal, daring, dan Arduino menambah pengetahuan terkait jenis-jenis eksperimentasi. Pengetahuan peserta setelah kegiatan pelatihan meningkat dengan n-gain=0,50. Peserta pelatihan memberikan respon yang baik terhadap kegiatan PKM. Eksperimentasi fisika berbasis potensi lokal, daring, dan Arduino menambah variasi praktikum yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran selama masa new normal. Pendampingan implementasi eksperimen fisika perlu dilakukan secara berkelanjutan dan berkala. Guru-guru perlu dibimbing terutama dalam merancang eksperimen berbasis IoT dan mengembangkannya menjadis sebuah alat percobaan yang dapat di terapkan di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-27
How to Cite
Hadiati, S., Matsun, M., Sari, I. N., Angraeni, L., Sukardi, E., & Pramuda, A. (2021). Peningkatan Kemamapuan Guru Fisika di Era New Normal Melalui Pelatihan Eksperimentasi Fisika Yang Mudah dan Efektif Secara Daring. Surya Abdimas, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.813
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)