Pengaruh Media Slide Pada Mata Pelajaran Sistem Karburator untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 11 TBSM SMK N 8 Purworejo

  • Gani Aulia Agasta Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Widiyatmoko Widiyatmoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mike Elly Anitasari Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Media Slide, Materi Karburator, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembeajaran dengan media slide yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas Xl TBSM SMK N 8 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa kelas Xl TBSM SMK N 8 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yang berupa soal. Analisis data menggunakan tabel presentase. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah responden 32 siswa kelas XI TBSM SMK N 8 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yang berupa soal. Analisis data yang digunakan taraf kesukaran dan daya beda. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan Hasil belajar siswa kelas Xl TBSM SMK N 8 Purworejo Dari tabel diatas siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 53,17 dan siklus II mendapatkan nilai rata-rata sebesar 68,5 terdapat peningkatan yang cukup siginifikan yaitu sebesar 15,33%.

References

Aqib,Z.,&Amrullah,A(2019). PTK,PTS,PTBK-Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, Penelitian Tindakan BimbinganKonseling-Teori dan Aplikasi. (FI. Sigit Suyantoro,Ed). Yogyakarta:ANDI Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Kurnia, F., & Suyitno, S. (2018). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA BAHAN BAKAR TIPE DISTRIBUTOR DI SMK N 4 PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4870/4474
Rohmanato, R., & Suyitno, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASSIS KELAS XI TKR SMKN 6 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01).
Prasmoro, W. J., & Suparmin, S. (2015). KORELASI PRESTASI PRAKTIK INDUSTRI DAN WAWASAN WIRAUSAHA DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK YPT PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. TAMAN VOKASI, 3(1). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4877/4481
Hidayat, C. T., & Suyitno, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM POMPA BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL TIPE DISTRIBUTOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TKR SMK N 1 GOMBONG TAHUN AJARAN 2016/2017. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 11(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4318/4020
Kuntoro, R., & Suyitno, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XII TKR SMK N 1 PURING TAHUN AJARAN 2016/2017. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 11(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4321/4023
Suyitno, S., Pardjono, P., & Sofyan, H. (2017). Work Based Learning Terintegrasi Konsep, strategi dan implementasi dalam pendidikan kejuruan.
Suyitno, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Published
2021-06-01
How to Cite
Aulia Agasta, G., Widiyatmoko, W., & Elly Anitasari, M. (2021). Pengaruh Media Slide Pada Mata Pelajaran Sistem Karburator untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 11 TBSM SMK N 8 Purworejo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(2), 144-149. https://doi.org/10.37729/autotech.v16i2.1215
Section
Articles