Pengembangan Media Pembelajaran Kelistrikan Charging System Berbasis Macromedia Flash 8 dI SMK Ma’arif 1 Kroya

  • Riky Andryawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Dwi Jatmoko Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Charging system, Media pembelajaran, Macromedia flash 8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui tahapan membuat produk pengembangan media pembelajaran berbasis animasi kelistrikan charging system untuk diterapkan pada kompetensi sistem kelistrikan di SMK Ma’arif 1 Kroya, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kelistrikan charging system berbasis Macromedia Flash 8 di SMK Ma’arif 1 Kroya, dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran kelistrikan charging system berbasis Macromedia Flash 8 di SMK Ma’a if 1 Kroya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan angket. Objek penelitian yaitu kela XII TKR SMK Ma’a if 1 Kroya dengan Kelas XII TKR 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XII TKR 1 sebagai kelas eksperimen serta melibatkan kelas lain untuk pengujian media kelompok kecil dan kelompok besar. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap
penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini diukur berdasarkan kelayakan media pembelajaran yang di validasi oleh para ahli dan di uji cobakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata mulatif ebe a 90,0% dengan ite ia “Sangat Laya ” tida ada evi i te hadap
materi. Skor rata-rata komulatif validasi oleh ahli media sebesar 90,0% dengan ite ia “Sangat Laya ” namun ada pe bai an ingan te hadap media dan iap digunakan untuk ujicoba lapangan. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelas kontrol dan uji coba kelas eksperimen. Sebelum diujikam pada kelas kontrol dan eksperimen dilakukan uji kelopok kecil dan kelompok besar. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 93,7% dengan ite ia ‘’Valid’’, dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata 94,8% dengan kriteria ‘’Valid’’. Ha il uji c ba kelas kontrol diperoleh rata-rata skor sebesar 66,5 dengan kriteria "Kurang Baik" artinya media yang digunakan sebelum pengembangan kurang layak digunakan dan uji coba kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor 86,7 dengan kriteria "Baik" artinya media yang dikembangkan layak digunakan dan siap digunakan sebagai bahan ajar.

Published
2020-06-30
How to Cite
Andryawan, R., & Jatmoko, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kelistrikan Charging System Berbasis Macromedia Flash 8 dI SMK Ma’arif 1 Kroya. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 15(2), 76-90. https://doi.org/10.37729/autotech.v15i2.491
Section
Articles