Pengembangan Business Intelligence untuk Pendukung Pengambilan Keputusan dalam Mengurangi Kemacetan di Kota Tomohon

  • Nadya Verona Viani Kamasi Universitas Sariputra Indonesia Tomohon
  • Stephanie Mariane Felly Nangoy Universitas Sariputra Indonesia Tomohon
Keywords: Transportasi, kemacetan, Business intelligence, Kota Tomohon

Abstract

Kemacetan lalu lintas saat ini merupakan problem utama yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia termasuk di Kota Tomohon. Penyebab utama terjadinya kemacetan lalu lintas adalah karena tidak seimbangnya demand dan supply yaitu pertumbuhan jumlah kendaraan dengan kapasitas prasarana transportasi (jaringan jalan dan jaringan angkutan umum) yang ada. Penggunaan big data dan data mining untuk menangani kemacetan dan bermuara pada pemanfaatan Business Intelligence untuk mengolah data-data yang terkait dengan transportasi, kendaraan yang ada dan kategorinya, data ruas jalan, sampai pada pergerakan penduduk dan rutinitasnya setiap hari yang dihubungkan dengan data traffic di Kota Tomohon. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode action research yang terbagi atas 4 tahapan yaitu Diagnosa (Diagnosing), rencana tindakan (action planning), melakukan tindakan (action taking), dan evaluasi (evaluating). Hasil akhir dari penelitian ini adalah dikembangkan business intelligence yang bisa menjadi pendukung pengambilan keputusan untuk mengurangi kemacetan di Kota Tomohon.

References

Brannon, N. (2010). Business Intelligence and E-Discovery. Intellectual Property & Technology Law, 22.
Huda, N., & Sawarjuwono, T. (2013). Akuntabilitas Pengelolaan Zakat melalui Pendekatan Modifikasi Action Research. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4. https://doi.org/10.18202/jamal.2013.12.7204
Limantara, A. D., Krisnawati, L. D., Winardi, S., & Mudjanarko, S. W. (2017). Solusi Pengawasan Kebijakan Mengatasi Kemacetan Jalan dan Parkir Kota Berbasis Internet Cerdas. Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa Informasi, November, 1–6.
Pangauw, Kindly A. I.; Tilaar, Sonny; Sembel, A. S. (2017). EVALUASI SISTEM TRANSPORTASI MENUJU KOTA TOMOHON SEBAGAI COMPACT CITY. SPASIAL : PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA, 4(3), 257–266.
Pratasik, S. (2019). Perancangan Sistem Business Intelligence Pada Palang Merah Indonesia Daerah Sulawesi Utara. Jurnal Sains Dan Teknologi, Universitas Negeri Manado, 2(2), 199–209. http://www.academia.edu/7511410/Perancangan_Sistem_Menurut_Jogiyanto_H
Ramady, G. D., & Wowiling, R. G. (2017). Analisa Prediksi Laju Kendaraan Menggunakan Metode Linear Regresion Sebagai Indikator Tingkat Kemacetan. Jurnal Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 12(2), 22–28.
Rudiawan, H. (2021). Pemanfaatan Sistem Bisnis Intelijen (Bi) Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Perusahaan. Jurnal Ekonomi, 23(Oktober), 190–200.
Turban, E., Aronson, E.J., Liang, T.P., Shar-da, R. (2007). Decision Support and Business Intelli-genceSystems. Eight Edition, Pearson Education, Inc., New Jersey (Edisi 7 Ji). ANDI.
Published
2023-05-28
How to Cite
Kamasi, N. V. V., & Nangoy, S. M. F. (2023). Pengembangan Business Intelligence untuk Pendukung Pengambilan Keputusan dalam Mengurangi Kemacetan di Kota Tomohon. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 6(1), 15-21. https://doi.org/10.37729/intek.v6i1.2909
Section
Articles