Pengembangan E-Modul Berbasis Matematika Realistik Guna Menstimulasi Berpikir Kreatif Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul matematika realistik untuk menstimulasi berpikir kreatif pada siswa SMP. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui e-modul matematika berbasis realistik dilihat dari tiga kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa, dan soal tes. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, kemudian dianalisis dari kelayakan e-modul, dengan skor rata-rata 3,57 memenuhi kriteria valid. Hasil uji kepraktisan mendapatkan nilai rata-rata 3,28 dengan persentase 82% memenuhi kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji efektivitas diperoleh persentase 87% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis matematika realistik yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat menstimulasi berpikir kreatif pada siswa SMP.
References
Dani, S., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. 2017. Pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan generalisasi matematis siswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Volume. 10, No.02.
Fardah, D. K. 2012. Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Volume. 03, No.02.
Hidayah, N., Darmono, P. B., & Purwaningsih, W. I. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 9(2), 114-123.
Marliani, N. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Volume. 05, No. 01.
Mulyatiningsih, E. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Prastianti, A. P. T., Purwaningsih, W. I., & Maryam, I. 2022. Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9(1), 85-95.
Putra, R. W. Y., & Ruli, A. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1), 39–47.
Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. 2017. Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta Jurnal Tadris Matematika. Volume. 10, No 02.
Ramadhani, M. H., & Caswita, C. 2017. Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume. 01, No. 01.
Sari, A., & Yuniati, S. 2018. Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 02. No.02, 71-80.
Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. ISSN: 2339-1685. Volume. 02, No. 05.
Wulandari, S., Darma, Y., & Susiaty, U. D. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains. Volume. 08, No. 01.
Yamasari, Yuni. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya 4 Agustus 2010 ISBN No. 979-545-0270-1.
Yuliasari, E. 2017. Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 6(1), 1–10.