Integrasi Konsep Aritmatika Sosial dalam Al-Qur’an serta Nilai-nilai Keislamannya

  • Alkaromah Nur Sholehatun Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Teguh Wibowo Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Prasetyo Budi Darmono Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: integration, social arithmetic, Al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Mengetahui ada tidaknya integrasi konsep aritmatika sosial. (2) Bagaimana konsep integrasi materi aritmatika sosial dengan Al- Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analyze). Penelitian ini dibatasi pada ayat Al-Qur’an pada materi aritmatika sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi (content analyze), dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah berupa wawancara. Langkah-langkah dalam menganalisis data ialah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat integrasi konsep aritmatika sosial dalam Al-Qur’an yang mencakup tentang kegiatan jual beli atau perdagangan. Diketahui ada sebelas ayat yang membahas mengenai jual beli. Dua ayat membahas mengenai sikap ketika transaksi jual beli, tiga ayat membahas mengenai takaran timbangan, satu ayat membahas hukum jual beli, satu ayat membahas mengenai permasalahan dalam simpan pinjam, satu ayat membahas nilai keseluruhan, tiga ayat membahas ketentuan jual beli. Dari ayat tersebut dapat kita integrasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan contoh-contoh soal yang berkaitan dengan aritmatika sosial.

References

Abubakar, Rifa’I. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian.Yogyakarta : SUKA-Press.

Asari, A.R. 2017. Pembelajaran Matematika Qur’ani. Proceeding of Seminar Nasional Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Matematika. 1(1): 666-673, http://conferences.uin-malang.ac.id.

Asri Ainul Jannah, Riawan Yudi Purwoko. 2023. Interkoneksi Materi Aljabar dalam Al Qur'an dan Desain Pembelajarannya pada Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM). 5(2). 107-121

Awwaliyah & Baharun. 2018. Pendidikan Islam dalam Pendidikan Nasional (Telaah Epistomologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah. 19(1)

Evilina, D. 2010. Ayo Belajar Aritmatika Sosial. Semarang: Ghiyas Putra.

Fadlun, F. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika yang Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. IAIN Raden Intan Lampung. Skripsi.

Hamdanah. 2017. Bunga Rampai Ilmu Pendidikan Islam. Banjarmasin: Pustaka Buana.

Maarif, S. 2015. Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal. 4 (2): 223-236, https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.

Mardan. 2010. Al-Qur’an Sebuah Pengantar. Jakarta Selatan: Pustaka Mapan Jakarta.

Muzamil, L.A. 2015. Studi Falak Dan Trigonometri. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Nugroho & Ni’mah. 2018. Konsep Pendidikan islam Berwawasan Kerukunan pada Masyarakat Multikurtural. Jurnal Studi Agama. 17(1).

Rodiyah. 2014. Paradigma Integrasi Interkoneksi Ilmu Agama dan Ilmu Umum (Fungsi Manajemen dalam Al-Qur’an). Jurnal Dakwah dan Pengembangan Komunitas. 2(1).

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Surianto. 2022. Matematika Dalam Al-Qur’an. Jurnal Al’Adad. 1(1).

Published
2024-07-13
How to Cite
Alkaromah Nur Sholehatun, Wibowo, T., & Darmono , P. B. (2024). Integrasi Konsep Aritmatika Sosial dalam Al-Qur’an serta Nilai-nilai Keislamannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 6(1), 1-12. https://doi.org/10.37729/jipm.v6i1.2758
Section
Articles