Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan

  • Nunung Wahyu Puspita MI Salafiyah Wareng
  • Teguh Wibowo Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Kata kunci: berpikir kritis, penyelesaian masalah, pola bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 2 siswa yang telah dipilih secara purposive yaitu siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sekolah menengah pertama memenuhi semua indikator dari kemampuan berpikir kritis.

Kata kunci: berpikir kritis, penyelesaian masalah, pola bilangan

References

Afandi, A. 2016. Berpikir Kritis Siswa SMP dalamMenyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Matematika. Gammath: Jurnal Ilmiah

Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 2.

Ambarawati, M., Mardiyana & Sri, S. 2014. Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta dalam Memecahkan Masalah Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari Kecerdasan Majemuk dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 9, Hal. 984-994. ISSN: 2339-1685.

Badawi, A. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Cahyono, B. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Matematika. Vol. 8, No. 1.

Fatmawati, H., Mardiyana & Triyanto. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 9, Hal. 899-910. ISSN: 2339-1685.

FDP Fortuna, RY Purwoko, P Nugraheni. 2021. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika. 44-60

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMP Negeri 17Malang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, Universitas Muhammadiyah Surakarta: 12 Maret 2016, Hal. 580-590.

HD Pratiwi, RY Purwoko, EP Astuti. 2018. Integrasi Model PCK pada Pengembangan Modul Matematika untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching. 7(2), 11-20.

Kowiyah. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 5, Hal. 175-179.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan ke-36. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rasiman. 2012. Penelusuran Proses Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah

Matematika Bagi Siswa dengan Kemampuan Matematika Tinggi. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 3, No 1.

Raudhah, Siti., Agung, H., & Asep, N. 2019. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLTV di SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 8, No. 7, 1 – 8.

Rifqiyana, L. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pembelajaran Model 4K Materi Geometri Kelas VIII Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. FMIPA Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Diunduh dari http://lib.unnes.ac.id pada tanggal 8 Maret 2019.

Sari, E. M. J. 2016. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vo. 2, No. 5. ISSN: 2301-9085.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Widyaiswara PPPG Matematika.

Sriyono, & Purwoko, R. Y. (2022). Confirmatory factor analysis instrumen sikap sosial sains siswa sma. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 131 - 137. https://doi.org/10.21009/jep.v13i2.28533

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Y Widiyono, J Purwanto, E Sunjayanto, RY Purwoko. 2021. Application of Think Pairs Share-Based on Learning Model to Increase Critical Thinking Skill. Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Sciences.

Published
2022-11-30
How to Cite
Puspita, N. W., & Wibowo, T. (2022). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 4(2). https://doi.org/10.37729/jipm.v4i2.2473
Section
Articles