Penerapan Problem Based Learning dengan Representasi Verbal dan Matematis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik

  • Alfiana Dewi Febryanti Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Endang Purwaningsih Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Anita Purwantini SMA Brawijaya Smart School Malang, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: PBL, Representasi verbal, Representasi matematis, Konsep fisika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep peserta didik dalam mata pelajaran fisika pada materi intensitas dan taraf intensitas bunyi, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru pamong dan dosen pendamping lapangan. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang terdiri atas 4 tahapan pada tiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI – 4 SMA Brawijaya Smart School Malang tahun pelajaran 2022/2023. Jumlah seluruh siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian adalah 33 siswa, yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan yaitu butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 0% dengan rata-rata 38,26, pada siklus I menjadi 18,18% dengan rata-rata 46,97, dan pada siklus II meningkat menjadi 60,61% dengan rata-rata 67,8. Peningkatan hasil belajar menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik telah meningkat. Dengan demikian penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata Pelajaran fisika pada materi intensitas dan taraf intensitas bunyi di kelas XI – 4 SMA Brawijaya Smart School Malang tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-13
How to Cite
Febryanti, A. D., Purwaningsih, E., & Purwantini, A. (2024). Penerapan Problem Based Learning dengan Representasi Verbal dan Matematis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 5(1), 9-19. https://doi.org/10.37729/jips.v5i1.3703
Section
Articles