Penerapan Problem Based Learning dengan Representasi Verbal dan Matematis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep peserta didik dalam mata pelajaran fisika pada materi intensitas dan taraf intensitas bunyi, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru pamong dan dosen pendamping lapangan. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang terdiri atas 4 tahapan pada tiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI – 4 SMA Brawijaya Smart School Malang tahun pelajaran 2022/2023. Jumlah seluruh siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian adalah 33 siswa, yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan yaitu butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 0% dengan rata-rata 38,26, pada siklus I menjadi 18,18% dengan rata-rata 46,97, dan pada siklus II meningkat menjadi 60,61% dengan rata-rata 67,8. Peningkatan hasil belajar menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik telah meningkat. Dengan demikian penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata Pelajaran fisika pada materi intensitas dan taraf intensitas bunyi di kelas XI – 4 SMA Brawijaya Smart School Malang tahun pelajaran 2022/2023.
Downloads
Copyright (c) 2024 Alfiana Dewi Febryanti, Endang Purwaningsih, Anita Purwantini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.