PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGERI KOROWELANG

  • Dwi Nofitasari
  • Titi Anjarini
  • Suyoto Suyoto
Keywords: Mind mapping; Kreativitas siswa; Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui penerapan metode mind mapping pada tema indahnya kebersaman pada sub tema I kelas IV, (2) mengetahui peningkatan kreativitas siswa menggunakan metode mind mapping. Kreativitas merupakan katrampilan yang dimiliki oleh semua orang. Kreativitas dapat digalih melalui pembelajaran tingkat dasar yaitu di sekolah dasar. Mengembangkan kreativitas siswa juga perlu keahlian dari guru. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui 4 tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar kreativitas siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kreativitas siswa dari siklus I mendapatkan rata-rata persentase 71,56% dengan kategori cukup kreatif dan siklus ke II mendapatkan rata-rata persentase 79,06% dengan kategori kreatif, sehingga peningkatan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 7,5% . Sedangkan hasil keterlaksanaan pembelajaran siklus I mendapatkan 72,36 % dengan kategori cukup baik dan siklus II mendapatkan hasil 85,52% dengan kategori baik.

Published
2022-02-28
How to Cite
Nofitasari, D., Anjarini, T., & Suyoto, S. (2022). PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGERI KOROWELANG. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 85-92. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2017
Section
Articles