UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

  • Della Ersalina
  • Titi Anjarini
  • Suyoto Suyoto
Keywords: Keaktifan belajar, Pembelajaran tematik; Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran inkuiri di SD Negeri Kembangkuning; 2) peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri di SD Negeri Kembangkuning. Desain penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kembangkuning. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri yang langkah-langkahnya meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hopotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 75% dengan kategori baik, sedangkan rata-rata persentase yang didapatkan pada siklus II meningkat menjadi 95,83% dengan kategori sangat baik. Selain keterlaksanaan pembelajaran juga diperoleh rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada pra siklus sebesar 34,02% dengan kategori cukup aktif, siklus I meningkat mencapai 54,54% dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II rata-rata persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 75,43% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran model inkuiri dan keaktifan belajar siswa sebanyak dua siklus yaitu  keduanya mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Published
2022-02-28
How to Cite
Ersalina, D., Anjarini, T., & Suyoto, S. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 93-101. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2018
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>