PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI II TAHUN AJARAN 2022/2023

  • Hengki Yudha Barnaba Universitas PGRI Yogyakarta
  • Wawan Supriono Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: Peran guru, Nilai karekter, Pembelajaran tematik, Ppkn

Abstract

Penelitian bertujuan guna melihat peran guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik muatan Ppkn pada siswa kelas III SD Negeri Taman Sari II Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menerapkan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa, guru kelas III, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik yang dipergunakan untuk analisa data yaitu reduksi, penyajian data serta kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan uji kredibilitas dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini 1). Peran guru saat melakukan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa kelas III di SD Negeri Taman Sari II dengan melaksanakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh siswa setiap hari., 2) Faktor pendukung dalam menerapkan 5 (lima) nilai-nilai karakter pada siswa kelas III di SD Negeri Taman Sari II adalah guru dan orang tua., 3) Faktor penghambat dalam penerapan 5 (lima) nilai-nilai karakter pada siswa kelas III di SD Negeri Taman Sari II Hambatannya yaitu faktor lingkungan dan keluarga yang kurang mendukung akan perkembangan karakter siswa karena mungkin kebiasaan dari keluarga yang kurang memperhatikan penerapan nilai karakter pada siswa oleh orang tua sehingga itu menjadi hambatan dalam penerapan nilai karakter siswa.

Published
2023-02-28
How to Cite
Barnaba, H. Y., & Supriono, W. (2023). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI II TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 38-42. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3086
Section
Articles