PENERAPAN SCRAPBOOK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DALAM MATA PELAJARAN SBdP SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam mata pelajaran SBdP siswa kelas V SDN 1 Kedungsari dengan menerapkan media scrapbook. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan desain penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yaitu peneliti sendiri dengan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi memperoleh data, merudiksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian, observasi kreativitas siswa pada pertemuan 1 siklus I memperoleh skor akhir 2.4 dengan katagori cukup dan pertemuan 2 siklus I mengalami peningkatan skor akhir menjadi 2.7 yang termasuk dalam katagori baik. Hasil obeservasi pada pertemuan 1 siklus II mencapai skor akhir 3.1 dengan katagori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 siklus II skor akhir menjadi 3.4 yang termasuk dalam katagori sangat baik. Hasil angket aktivitas siswa pada prasiklus hanya mencapai nilai rata-rata 2.09 dan mengalami peningkatan pada pascasiklus menjadi 2.64. Bedasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa scrapbook dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran SBdP siswa kelas V SDN 1 Kedungsari TA 2020/2021.