PENERAPAN MEDIA BOLANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SD NEGERI BANYUURIP TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Riza Bahtiar Efendi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Bagiya Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Media bolang, Menyimak, Keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri Banyuurip pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media BOLANG. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III SD Negeri Banyuurip yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, media BOLANG dapat meningkatkan keterampilan menyimak kelas III SD Negeri Banyuurip. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang diperoleh melalui observasi dan tes. Observasi yang telah dilakukan, menunjukkan hasil yang baik, hal ini terbukti dari peningkatan presentase pada prasiklus dan tiap siklusya. Pada tahap prasiklus, presentasenya sebesar 54,64%, siklus 1 naik menjadi 73,43%, dan siklus II naik lagi menjadi 84,06%. Hal tersebut dapat diartikan, bahwa melalui observasi keterampilan menyimak siswa kelas III sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% dan dikategorikan baik. Selain hasil observasi, tes yang telah dilakukan juga meningkat, dari presentase pre-test 10% siswa tuntas KKM, pada pos-test 1 disiklus 1 naik dengan presentase 50%. Pada pos-test 2 disiklus dua naik dengan presentase 90 %. Dengan demikian ketercapaian kompetensi yang dihasilkan dengan persentase 90% siswa berkategori tuntas, melebihi indikator keberhasilan dengan pencapaian kompetensi kelas mencapai lebih dari 75%.

Published
2023-08-31
How to Cite
Efendi, R. B., Bagiya, & Ratnaningsih, A. (2023). PENERAPAN MEDIA BOLANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS III SD NEGERI BANYUURIP TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 44-51. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3638
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>