PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA: SEBUAH ARAH BARU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk memahami mengenai profil pelajar pancasila sebagai arah baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian kualitatif dilakukan dengan library research (penelitian kepustakaan) yang menggunakan bermacam-macam sumber keputakaan sebagai sumber data penelitian. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari data sekunder dan data primer. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif yang disajikan secara sistematis dan objektif. Subjek dari penulisan penelitian ini adalah karakter yang dimiliki siswa Indonesia. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum merdeka menjadi kurikulum yang paling optimal dalam mengembangkan karakter peserta didiknya melalui pengembangan profil pelajar pancasila. Pancasila terfokus pada peran guru dalam pembentukan sikap dan kepribadian siswa yang dilakukan untuk mendukung profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar dengan dengan cara sebagai berikut: Pertama, memberikan nasehat yang merupakan salah satu bentuk pembinaan kepada siswa agar tidak berbuat kesalahan. Kedua, sikap toleransi yang menjadi salah satu ciri karakter bangsa yang harus dimiliki setiap manusia. Ketiga, menguatkan kedisiplinan yang berperan sangat penting untuk diimplementasikan di lingkungan sekolah guna membentuk karakter siswa yang disiplin. Keempat, cinta tanah air dimana banyak sekali agenda yang dilakukan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat yang akan berdampak positif untuk kemajuan bangsa.