GALAH PEMETIK BUAH JAMBU BIJI TERINTEGRASI STEAM

  • Alif Robikho Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Alat pemetik buah, Galah, Jambu, STEAM

Abstract

Di desa Sembirkadipaten, proses pemetikan buah jambu masih dilakukan dengan cara yang tradisional yaitu dengan menggunakan galah yang terbuat dari bambu maupun dengan memanjat pohon. Cara tersebut beresiko jatuh dari pohon sehingga kaki bisa keseleo bahkan patah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji alat pemetik buah jambu yang dapat mempermudah, mempercepat, dan menjaga keselamatan masyarakat dalam memetik buah jambu. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) yang terintegritas STEAM. Tahapan STEAM atau EDP (Engineering Desaign Process) yang digunakan yakni Ask, Imagine, Plan, Create, dan Improve. Instrumen penelitian menggunakan angket yang disebar ke 18 responden. Skor rata-rata dari seluruh gabungan responden adalah 21,86. Dengan cakupan aspek penilaian yaitu ide, kreatifitas, tampilan, dan kebermanfaatan. Aspek ide galah pemetik buah jambu mendapatkan presentase rata-rata-rata 87,2% sangat unik. Kreatifitas perancangan galah pemetik buah jambu mendapatkan presentase rata-rata 89,2% kriteria sangat kreatif. Tampilan galah pemetik buah jambu mendapatkan presentasi rata-rata 88,2% sangat menarik. Sementara aspek kebermanfaatan alat ini mendapatkan presentase rata-rata 85,2% sangat bermanfaat. Berdasarkan hasil uji kelayakan (ide, kreatifitas, tampilan, dan kebermanfaatan) dinyatakan layak digunakan.

Published
2024-02-29
How to Cite
Robikho, A., & Ngazizah, N. (2024). GALAH PEMETIK BUAH JAMBU BIJI TERINTEGRASI STEAM. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 57-69. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/5239
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>