Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Pengurangan Kelas I Di SD N Sutoragan Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi pengurangan kelas I di SD N Sutoragan Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru dan murid kelas I SD N Sutoragan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah informasi mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan eval_uasi pembelajaran berdiferensiasi. Analisis data untuk validasi dan reliabilitas menggunakan triangulasi teknik guna mendapatkan data hasil penelitian yang akan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan data kesimpulan. Hasil penelitian implementasi pembelajaran berdiferensiasi menunjukan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum sepenuhnya berjalan secara maksimal, baik itu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan eval_uasi pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini dibuktikan dengan data wawancara dan observasi selama penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang menunjukan bahwa terdapat ketimpangan pelaksanaan pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran, sehingga berimbas pada kegiatan belajar murid. Meskipun guru mengupayakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien tidak menjamin proses pembelajaran tersebut berjalan dengan baik, maka dari itu perlu adanya korelasi dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada materi matematika pengurangan di SD N Sutoragan pada tahun ajaran 2023/2024 belum sepenuhnya berjalan maksimal, sehingga perlu adanya peningkatan dan perbaikan untuk kedepannya.
Copyright (c) 2025 Faoziyah Nuraini, Rintis Rizkia Pangestika, Nurhidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.