Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma

  • Anisa Wirawati Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma
  • Yolli Cinthia Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma
  • Adhi Surya Nugraha Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma
Keywords: kebiasaan belajar, hasil belajar, mahasiswa pendidikan matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui: (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma, (2) seberapa pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode survey dekriptif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma angkatan 2019 yang berjumlah 92 dengan sampel 42 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara propotionate stratifled random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak struktur, dan angket yang dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana meliputi uji t dan koefisien determinansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dipengaruhi oleh kebiasaan belajar. Hal ini dapat dilihat dari besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar sebesar sedangkan  dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Andrie Shendy, dkk (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 7 No. 2.

Azmi, A. (2019). Pengaruh Belajar Terhadap Hasil Belajar Akutansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Soppeng. Diss. Universitas Negeri Makasar.

Budiana, S., Karmila, N., & Devi, R. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 70-73.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1 (2), diakses 7 April 2022 dari https://doi.org/10.30821/biolokus.v1

i2.351

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djalil. (2014). Pembelajaran Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fauzi, A. (2007). Analisis dan Evaluasi Aspek Manajemen dalam Studi Kelayakan

Proyek. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

, 2007(Manajemen IT), I-1-I–6.

Hayati, A. N. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. Basic Education, 5(13), 1-224.

Maimunah. (2020). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar dengan

Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2), 220–222.

Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39-45.

Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77-86.

Retnowati, F., & Abidin, H. A. Z. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(3), 197–205.

Santi, E. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Suggestopedia. Journal of Elementary Education. 3(4), 14–20. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta Aria.

Wijaya, S. A., & Saputri, S. D. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 117-121.

Published
2022-12-25
How to Cite
Anisa Wirawati, Cinthia, Y., & Nugraha , A. S. (2022). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(2), 139-143. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i2.2139