Pengaruh penggunaan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi IPA di MTs Muhammadiyah Wuring Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik materi IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wuring yang berjumlah 47 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wuring yang terdari kelas VIII A yang berjumlah 24 orang dan kelas VIII B yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test dan post-test. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 83,08 sedangkan untuk nilai rata-rata post-test hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yaitu 65,50. Hasil post-test tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran biasa tanpa menggunakan metode demonstrasi. Hasil post-test tersebut diperkuat dengan hasil pengolahan data menggunakan pengujian hipotesis (uji t) yang dilakukan pada nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan uji t ini menghasilkan thitung = 9,581 dan ttabel = 0,000 dengan taraf signifikan α = 5% sehingga didapat thitung> ttabel maka kesimpulannya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik.
References
Afifi, R. (2019). Penerapan metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/387/346
Alisman, A. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tematik Selalu Berhemat Energi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Siswa Kelas IV MI Siompu Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). https://repositori.uin alauddin.ac.id/7874/
Aminah, A. (2018). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran interaktif dengan metode tanya jawab. Journal of natural science and integration. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/5200
Antonius, Y., & Asran, M. (2013). Penggunaan Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10432
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah,
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Asmiati, A. (2016). Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Sains pada SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD,
Gafur, A. (2018). Peningkatan hasil belajar ipa terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas viii smp negeri 2 sano nggoang manggarai barat tahun pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/249/240
Nupita, E. (2013) "Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah IPA pada siswa kelas v sekolah dasar." Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2979
Ridwan & Indra, B. (2021). Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula. Jambi : Anugerah pratama Press.
Rohana, S. R. S. (2019). Efektifitas Metode Demontrasi Dalam Pembelajaran Fiqih. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam.
Shoimin, A. (2021). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.