Penerapan pembelajaran berdiferensiasi Teams Assisted Individualization untuk peningkatkan kerjasama belajar siswa SMK

  • Sinthia Dwi Munawaroh Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nila Kurniasih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Teams Assisted Individualization, Kerjasama Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kerjasama belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi Teams Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo dengan 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan dan dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi Kerjasama belajar dan lembar keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi TAI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualititaf. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan Kerjasama belajar matematika yaitu pada siklus I dan siklus II. Pada observasi siklus I, presentase rata-rata hasil Kerjasama belajar siswa adalah 66,4%. Kemudian dilakukan refleksi pada siklus II dan mencapai presentase 77,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdieferensiasi Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kerjasama belajar matematika siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo.

References

Aningsih AT. (2023). Meningkatkan kerjasama dan hasil belajar matematika dengan model STAD di SD Negeri 1 Lempuyang. J Ilm Profesi Guru, 4(2), 156-165. doi:10.30738/jipg.vol4.no2.a12728

Azis, A., Yulianti, D., & Handayani, L. (2006). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan alat peraga sains fisika (materi tata surya) untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 94–99.

Alsa, A. (2010). Pengaruh metode belajar jigsaw terhadap keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada mahasiswa fakultas psikologi. Jurnal Psikologi, 37(2), 165–75.

Cahyaningtyas, D., Wardani, N.S., & Yudarasa, N.S. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa melalui penerapan discovery learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. doi:10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2019). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Islamarida, R. (2019). Team Based Learning (TBL) dalam peningkatan pengetahuan, hasil belajar dan kerjasama: Literature review. JURNAL EDUNursing, 3(1), 12–18.

Maratus, S, dkk. (2020). Analisis model pembelajaran team assisted individualization (tai) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nasaruddin. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Universitas Negeri Makasar.

Nurmasari, dkk. (2016). Meningkatkan motivasi dan kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada peserta didik kelas X SMAN Model Makasar. Universitas Negeri Makasar.

Pratiwi, I.A, Ardianti, S.D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Project Based Learning (PJBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). doi:10.24176/re.v8i2.2357.

Purwanto, N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik eval_uasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2019). eval_uasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwoko, R. Y., Kusumaningrum, B., Laila, A. N., & Astuti, E. P. (2023). Development of Open Ended Based Mathematics E-Modules to Enhance Students’ Critical Thinking Ability. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 194–206. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i1.337.

Purwaningrum, J. P., & Purwoko, R. Y. (2023). Miskonsepsi Matematis Materi Geometri Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Euclid, 663-679.

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogical Content Knowledge dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 42–55.

Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Instanti, D. (2019). Implementation Of Pedagogical Content Knowledge Model In Mathematics Learning For High School. Journal of Physics: Conference Series.

Raka. (2021). Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar kelistrikan di SMK Negeri 8 Purworejo. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sardiman. (2018). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2021). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Siswono, T.Y.E. (2020). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tuntun Asmara Setyaning Jati, Mujiyem Sapti, Riawan Yudi Purwoko. 2023. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 387-396.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I.P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–35. doi:10.57008/jjp.v2i04.301.

Published
2024-08-02
How to Cite
Munawaroh, S. D., Purwoko, R. Y., Kurniasih, N., & Sriyono, S. (2024). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi Teams Assisted Individualization untuk peningkatkan kerjasama belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 10(1), 42-49. https://doi.org/10.37729/jpse.v10i1.5153