Analisis pengaruh pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi
Abstract
Pendidikan memiliki keterkaitan dengan proses kegiatan belajar dan mengajar. Kegiatan belajar mengajar dapat dikatakan berhasil apabila terdapat perubahan dalam diri individu. Keberhasilan belajar tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Jatilawang yang masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatilawang. Sampel penelitiannya adalah 80 siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan internet secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan t hitung 4,281 > 1,664 dan hasil nilai signifikasi 0,000 < 0,005. Teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan t hitung – 2,904 > 1,664 dan hasil signifikansi 0,005 < 0,005. Disiplin belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan perolehan t hitung -815 < 1,664 dan hasil signifikansi 0, 418 > 0,005. Signifikansi dari penelitian ini adalah pemanfaatan internet, teman sebaya, dan disiplin belajar dapat menjadi faktor yang dapat meningkatkan atau menurunkan hasil belajar ekonomi.
References
Akbar, R. F., & Aufa, M. F. (2024). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 199–209. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index._php/nusantara/index
Amelia, L. R. (2024). Pengaruh Peran Teman Sebaya dan Self Confidence Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 11 Kota JambiNo Title [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64097
Arsyam, M., & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17
Aulia, A., Ngampo, M. Y. A., & Azis, M. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan. Pinisi Journal of Education, 3(4), 57–63.
Efendy, M. P. R. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTSN 3 Nganjuk. In Skripsi. https://www.academia.edu/download/63834494/Draft_UTS_Telaah_Kurikulum_sejarah_perkembangan_kurikulum_PAI_di_Indonesia20200705-6216-omzew4.pdf#page=39
Faradilla, S., Saputra, F., & Mutia, R. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Bisnis dan Pemasaran SMK di Jakarta. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.
Hermansyah. (2020). Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordike) dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 1–11.
Jayendra, P. S. (2017). Ajaran Catur Marga Dalam Tinjauan Konstruktivisme Dan Relevansinya Dengan Empat Pilar Pendidikan Unesco. Jurnal Penelitian Agama, 3(1), 73–84. https://ejournal.ihdn.ac.id/index._php/vs/article/download/329/291
Kusuma, J. W., Rochmad, R., Isnarto, I., & Hamidah, H. (2021). Contructivism From Philosophy to Mathemathics Learning. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship (IJE3). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:244259283
Kusumaningrum, M. D., & Sukartono, S. (2022). Analisis Pengaruh Disiplin Belajar Serta Rasa Ingin Tahu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5259–5267. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3013
Lekatompessy, E. I., Lasaiba, M. A., & Manakane, S. E. (2022). Pembelajaran Blended Learning Di SMA Negeri 5 Maluku Tengah Selama Masa Pandemi Covid-1. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(2), 60–68. https://ojs3.unpatti.ac.id/index._php/jpgu
Lufianto, A., Ngatman, N., & Salimi, M. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Sekecamatan Klirong Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i3.52875
Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Maheni, Ni Putu Krisna. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1): 85.Lingkun. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077
Marta Nensi, Aminuyati, F. Y. K. (2020). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendiidkan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10), 1–8.
Marthadinatha, M., Sholehuddin, A., & Rozi, S. (2021). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist Kelas IX-B Di MTS An-Nahdliyyah Sooko Mojokerto. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 10, 46. https://doi.org/10.29406/jpk.v10i2.3201
Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225–236. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030
Megawati, E., & Kadarisman, S. (2021). Pengaruh kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar selama pembelajaran jarak jauh jurusan tata boga smk icb cinta wisata. Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntasi Dan Teknik, 82–93.
MF. Nur Cholikin, M. S. (2017). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor. 53–63.
Mutmainah, Siti;Sunarko, Bambank;Jati, E. P. (2020). pengaruh manajemen kelas, kesiapan belajar dan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto. Soedirman Economics Education Journal, 02, 1–20.
Novianty, R. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Effect of Learning Discipline on Student Learning Outcomes in Research Methodology Courses. Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2), 828–840.
Oktaviangga, Putri Safna;Wulandari, S. S. (2022). Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1458
Pandiangan, A., Tujuan, E. A., Raya, P., Smpn, V., Raya, P., & R-square, N. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 4 Palangka Raya. Anterior Jurnal. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.290
Rahman, D. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Informasi. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9–14.
Rahman, M. F., Mulyono, K. B., & Astrini, R. P. (2023). Determinan Perilaku Konsumtif Pada Siswa Jurusan Ips Kabupaten Tegal. Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 8(1), 22–40. https://doi.org/10.26877/ep.v8i1.16403
Regain, K., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas ( WAN ) di SMK Negeri 6 Malang.
Rifal, A., Khairuddin, K., Musril, H. A., & Derta, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Hasil Belajar Kelas XI pada Pembelajaran Informatika di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiah Canduang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 12222–12230.
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Simanihuruk, L. A., & Simanungkalit, N. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Penginderaan Jauh Dan Sig Terhadap Hasil Belajar Tengah Semester. Jurnal Tunas Geografi, 07(01), 9–15.
Sondey, M. M. P., Liando, O. E. S., & Palilingan, V. R. (2021). Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 83–89. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1349
Sudirman, Kongdolayuk, marlilyn lasarus, Sriwahyuningrum, A., Cahaya, M. E., Astuti, S. N. luh, Setiawan, J., Yavet, W., Rahmi, S., Nusantari, O. D., Farah, I., Fitriya, N. laili, Aziza, N., Kurniawati, N., Wardana, A., & Hasanah, T. (2023). Metodologi penelitian 1 : Deskriptif Kuantitatif. In Media Sains Indonesia (Issue July).
Tarihoran, D., Nau Ritonga, M., & Lubis, R. (2021). Teori Belajar Robert Mills Gagne Dan Penerapan Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 32–38. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.2242
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14