Pengembangan perangkat pembelajaran seni musik unit pembelajaran 3 pada Kurikulum Merdeka kelas I Sekolah Dasar

  • Nia Irawati Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Universitas PGRI Semarang
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi Universitas PGRI Semarang
Keywords: Penelitian dan pengembangan, perangkat pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di kelas 1 SD yang belum optimal sehingga keaktifan peserta didik masih rendah dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, mengetahui keval_idan, dan menganalisis kepraktisan Perangkat Pembelajaran Seni Musik Unit Pembelajaran 3 pada Kurikulum Merdeka Kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and eval_uation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Gayamsari 02. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.  Hasil penelitan diperoleh keval_idan berdasarkan hasil persentase nilai dari ahli media 89% dan hasil persentase nilai yang diperoleh dari ahli materi 94% dengan kriteria “sangat layak”. Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan kesesuaian materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket respon guru 100% dan hasil angket respon siswa 96% dengan kriteria “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan jika Perangkat Pembelajaran Seni Musik Unit Pembelajaran 3 pada Kurikulum Merdeka Kelas 1 Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan di Sekolah Dasar.

References

Ahmal, Supentri, Pernantah, P. S., & Hardian, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Perangkat Pembelajaran Abad-21 Berbasis Merdeka Belajar di Kabupaten Pelalawan Riau. Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 432-439. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.432-439.

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://jurnal.permapendissumut.org/index._php/edusociety.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL Journal of Educational and Language Research, 1(12), 14. http://bajangjournal.com/index._php/JOEL.

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43. 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Destiana, O., Sumarni, & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128-145. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152.

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10-17.

Kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Diambil kembali dari Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makruf, A., Gandi, S., Muin, A., et al. (2022). Pegembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

M, I., Rukli, & Baharullah. (2019). Pengembangan Perangkat Pembalajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning Berbasis GRANDER di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3 (2), 127 - 139.

Nadia, D. O., Desyandri, & Mayar, F. (2023). Pembelajaran Seni Musik Guna Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1118-1128.

Ningsih, N. N., & Sartika, L. (2023). Karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(2 ): 204-210.

Putri, C. A., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104.

Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Konsep Community of Inquiri. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama , 13(2), 473-490. 10.37680/qalamuna.v13i2.995.

Sutikno, P. Y. (2020). Era Digital? "Pendidikan Seni Musik Berbasis Budaya" sebagai Sebuah Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kreatif Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 39-49. https://journal.unnes.ac.id/nju/index._php/kreatif.

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177. 10.3390/su12104306 .

Published
2024-12-31
How to Cite
Irawati, N., Priyanto, W., Rahmawati, I., & Purwadi. (2024). Pengembangan perangkat pembelajaran seni musik unit pembelajaran 3 pada Kurikulum Merdeka kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 10(2), 206-218. https://doi.org/10.37729/jpse.v10i2.5852