Pengaruh Konformitas Pada Keputusan Pembelian Produk Tiruan Di Kalangan Remaja
Abstract
Pada remaja keputusan membeli tidak pasti didasarkan pada apa yang menjadi kebutuhan melainkan adanya pengaruh dari kelompok teman sebaya. Adanya kebutuhan berteman di kalangan remaja menjadikan remaja ingin diterima menjadi bagian dari kelompok. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh konformitas pada keputusan membeli produk tiruan di kalangan remaja. Metode penelitian menggunakan kuantitatif asosiatif. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Instrumen pengumpulan data yag digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner konformitas dan keputusan pembelian dengan skala Likert 1-4 yang dibagikan secara online melalui Google Form. Sampel penelitian ini 400 remaja dari 22 provinsi di Indonesia dengan rentang usia 12-21 tahun. Sedangkan untuk analisis data mengunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara konformitas dengan keputusan membeli produk tiruan dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Nilai determinasi sebesar 26,6% yang artinya konformitas berpengaruh terhadap keputusan membeli produk tiruan sebesar 26,6 % dan 73,4 % dipengauhi oleh faktor lainya.