Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Purwodadi yang Ditinggal Orang Tua Merantau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Purwodadi yang ditinggal orang tua merantau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Responden pada penelitian ini berjumlah 3 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, dengan karakteristik siswa yang orang tuanya merantau. Pengambilan data menggunakan wawancara semi struktur pada responden dan significan others disertai observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data dan teknik verivikasi data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga responden memiliki permasalahan motivasi belajar, khususnya pada dimensi minat belajar dan prestasi belajar. Hal yang mendasari ketiga responden memiliki kesamaan dalam dimensi tersebut karena adanya metode guru yang tidak diminati dan minat pada pelajaran tertentu yang dimiliki oleh responden. Dari hal tersebut menyebabkan prestasi belajar ketiga responden mengalami kemunduran disetiap semesternya.