Pengaruh Transparansi Kemasan terhadap Keputusan Pembelian

  • Muchamad Rosid Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Itsna Iftayani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Karsiyati Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Keputusan Pembelian, Trasnparansi Kemasan

Abstract

Kemasan merupakan suatu wadah yang berfungsi utama untuk melindungi apa yang dibungkusnya. Kemasan juga memiliki nilai marketing untuk suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan pembelian keripik singkong pedas antara kemasan standing pouch alumunium foil window dengan non window. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni. Pengambilan sampel dengan model accidental sampling. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebanyak 80 responden dengan dibagi 2 kelompok dengan model randomisasi two group post test only. Yaitu kelompok eksperimen (Y1) dan kelompok kontrol (Y2). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner keputusan pembelian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh transparasi kemasan terhadap keputusan pembelian produk keripik singkong pedas, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji idependet Sample t-test, dari hasil analisis data post test yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil Sig. 0.044.

Published
2023-02-25
How to Cite
Rosid, M., Iftayani, I., & Karsiyati. (2023). Pengaruh Transparansi Kemasan terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Psychosociopreneur, 2(1), 15-20. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpsh/article/view/3515
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)