Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Purwodadi

  • Chairuniyah Haryani
  • Wanodya Kusumastuti
  • Karsiyati
Keywords: Konseling Kelompok, Motivasi Belajar, SMP, Siswa

Abstract

Motivasi belajar siswa adalah salah satu hal penting yang mempengaruhi kualitas pembelajaran. Motivasi belajar yang rendah dapat menimbulkan permasalahan lain sehingga konseling kelompok menjadi salah satu alternatif Solusi permasalahan tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Purwodadi. Penelitian dilakukan pada November 2019 sampai dengan Maret 2020 di SMP Muhammadiyah Purwodadi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen kuasi dengan desain Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design, teknik pengambilan sampel purposive, yang melibatkan 80 siswa SMP Muhammadiyah Purwodadi. Terdapat 2 kelompok (kontrol dan eksperimen) yang masing-masing berjumlah 40, dengan dua kali pengukuran motivasi belajar (pre-test dan post-test). Analisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS versi 16 yang meliputi uji asumsi (normalitas dan kesetaraan varians) dan uji-T independent. Hasil menunjukkan data berdistribusi normal dan uji-T independen menunjukkan terdapat perbedaan nyata post-test motivasi belajar antar kelompok (p=0,000), sehingga terdapat pengaruh konseling kelompok pada motivasi belajar siswa.

Published
2024-02-06
How to Cite
Haryani, C., Kusumastuti, W., & Karsiyati. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Purwodadi. Journal of Psychosociopreneur, 3(1), 83-89. https://doi.org/10.37729/jpsp.v3i1.4134
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2