Pengaruh Model Talking Stick dengan Teknik Pick Up Cards Game untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kebumen 1 Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Kurnia Arum Setiyani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Motivasi belajar, Pick up card games, Model talking sticks

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model talking stick dengan teknik pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kebumen 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini digunakan rancangan penelitian Quasi Experimental Design yaitu dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini kelas X MIPA,sampel penelitian 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan MIPA 2 dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik angket motivasi belajar siswa dan sebelum digunakan akan divalidasi oleh guru ahli sehingga layak digunakan dalam penelitian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 0.05 menunjukkan tobservasi = 2,009 < 2,944 artinya Ho ditolak (t0,05:49 =2,944 ) DK = (t/t < -2,009 atau t > 2,009). Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dengan menggunakan model talking stick dengan teknik pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan penjelasan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model talking stick dengan teknik pick up cards game lebih baik daripada menggunakan model numbered head together (kepala bernomor) sehingga dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh model model talking stick dengan teknik pick up cards game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x madrasah aliyah negeri kebumen 1 tahun pelajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Setiyani, K. A., Ngazizah, N., & Ashari, A. (2017). Pengaruh Model Talking Stick dengan Teknik Pick Up Cards Game untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kebumen 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(2), 25-31. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/196
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>