Efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction (AI) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Andi Iqbal Sidik Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Konsep fisika, Anchored instruction

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction (AI)
terhadap penguasaan konsep fisika dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo tahun
pelajaran 2015/2016, dan mengetahui apakah ada perbedaan penguasaan konsep fisika dan hasil belajar dengan
model pembelajaran Anchored Instructioan (AI) siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran
2015/2016 dengan model. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo. Sampel
penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-3 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X-4
dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, teknik pengambilan data dilakukan dengan cara cluster random
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara.
Berdasarkan penelitian rata-rata hasil tes penguasaan konsep fisika sebesar 76,77. Rerata total keterlaksanaan
pembelajaran pada tiga pertemuan yaitu 2,87 dinyatakan “cukup baik” dan rerata Percentage Agreement pada
empat pertemuan 93,91% dinyatakan “sangat reliabel”. Efektivitas model pembelajaran Anchored Instruction
menggunakan uji t dengan db = 60 pada α 0,05 yaitu sebesar 2,00, setelah tes penguasaan konsep diperoleh
thitung=4,01 jatuh pada penolakan H0. Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran Anchored Instrction
dapat dikatakan efektif meningkatkan penguasaaan konsep fisika dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published
2017-04-28
How to Cite
Sidik, A. I., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Anchored Instruction (AI) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(2), 59-64. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/radiasi/article/view/202
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>