Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Man I Kebumen

  • Lindawati Lindawati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Kreativitas, Model Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran Fisika melalui model Project based learning.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.6 MAN I Kebumen tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode angket dan metode tes.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan kreativitas belajar Fisika pada siswa MAN I Kebumen.Peningkatan kreativitas psikomotorik siswa sebelum diterapkan model project based learning dengan persentase 56,31% meningkat menjadi 63,40% pada siklus I dan 78,63% pada siklus II. Peningkatan kreativitas afektif siswa pada pra siklus dengan persentase 56,05 menjadi 60,78% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,94% pada siklus II. Peningkatan kreativitas kognitif dengan persentase 59,53% sebelum siklus menjadi 67,78% pada siklus I dan 80,92% pada siklus II. Sedangkan peningkatan Hasil belajar sebelum diterapkan project based learning sebesar 47,36%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 52,53% dan menjadi 78,94% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Lindawati, L., Fatmaryanti, S. D., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Man I Kebumen. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 42-45. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/511
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>