Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Lutfi Firdaus Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Keaktifan, Hasil belajar, Talking stick

Abstract

- Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Fisika melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas X MIA 2 MAN Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 MAN Purworejo tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket, metode lembar observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Tahapan pelaksanaan meliputi pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hal ini ditandai dengan peningkatan keaktifan siswa pada pra siklus sebesar 60,34%, pada siklus I sebesar 66,16% dan pada siklus II sebesar 80,41%. Persentase hasil belajar nilai rerata kelas yang didapat pada pra siklus adalah 32,39%, pada siklus I sebesar 52,71% dan pada siklus II sebesar 83,61%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Fisika siswa kelas X MIA 2 MAN Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-30
How to Cite
Firdaus, L., Maftukhin, A., & Ashari, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 7(1), 4-7. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/242
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>