Penggunaan Direct Instruction Berbasis Lingkungan Untuk Peningkatan Domain Afektif Ipa Fisika Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 28 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) guna mengetahui peningkatan domain afektif IPA Fisika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggnakan Direct Instruction Berbasis Lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, bertujuan untuk mengetahui peningkatan domain afektif IPA Fisika siswa kelas VIIB SMP N28 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dengan Direct Instruction Berbasis Lingkungan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Obyek dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa dari 19 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, metode observasi, metode tes, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi persentase dengan taraf peningkatan 10% dari pra siklus. Hasil observasi domain afektif menunjukan skor positif 40,32%, dengan ketuntasan 62,50% pada pra siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa proporsi pola pembelajaran Direct Instruction Berbasis Lingkungan adalah skor positif 47,79% dengan ketuntasan 90,63% pada siklus I, skor positif meningkat menjadi 52,44% dengan ketuntasan 93,75% pada siklus II. Penggunaan Direct Instruction Berbasis Lingkungan dapat membuat siswa tertarik dalam aktivitas pembelajaran, selain itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa