Strategi Pemasaran Teh di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo
Abstract
Strategi pemasaran mempunyai tujuan yang dapat dicapai melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba perusahaan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan penjualannnya. Tujuan ini dapat dicapai apabila bagian pemasaran perusahaan melakukan strategi yang baik untuk dapat menggunakan kesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, strategi promosi, hambatan dalam proses penerapan strategi pemasaran.. Penelitian ini dilakukan di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo pada bulan Februari 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung dan wawancara kepada bidang pemasaran, pembimbing lapang serta karyawan di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara mengutip dari buku, arsip, jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Strategi produk adalah produk teh yang mempunyai manfaat kesehatan. Strategi harga yang dilakukan dengan cara bersaing dengan para kompetitor. Strategi distibusi melalui pemasaran lokal meliputi wilayah sekitar wonosobo, Yogyakarta, Jakarta sedangkan pemasaran ekspor meliputi Negara USA, Russia, Holland, UEA, India, Jepang. Strategi promosi dilakukan dengan pengiklanan lewat media elektronik dan mengikuti Expo/pameran dan menjalin kerjasama dengan Hotel Horeka, restoran dan cafe-cafe yang ada di wonosobo. Hambatan dalam proses strategi pemasaran yaitu keterbatasan personil (SDM), pengurusan dokumen (pengiriman barang/salah code di dermaga yang mengakibatkan tertahannya barang yang akan dikirim). Hambatan pada produk teh merah belum banyak dibibit di kebun hanya ada di Unit Tambi yang menanam dan mengolah jenis teh merah sehingga menyebabkan teh merah belum selalu diproduksi.
Kata Kunci : strategi pemasaran, pemasaran teh