Strategi Pengembangan Usaha pada Industri Kecil Gula Jahe di Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo (Studi Kasus di Rizqina Food Gula Jahe 78)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dari Rizqina Food untuk mengembangkan usaha gula jahe 2) Mengidentifikasi faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang berasal dari luar Rizqina Food dalam mengembangkan usaha gula jahe 3)Menyusun strategi yang dapat diterapkan pada Rizqina Food dalam mengembangkan usaha gula jahe 4)Mengetahui prioritas strategi pengembangan yang tepat digunakan Rizqina Food dalam mengembangkan usaha gula jahe
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus. Pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan berdasarkan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah industri kecil Rizqina Food gula jahe 78. Sampel yang diambil 4 informan kunci 6 informan pendukung.
Hasil perumusan prioritas strategi yang bisa diterapkan dalam industri kecil gula jahe 78 ini adalah dengan 1) mengoptimalkan kemampuan tenaga kerja dalam mengelola media sosial untuk melakukan promosi, 2) menambah legalitas untuk mendukung kualitas gula jahe agar lebih menarik konsumen, 3) memperluas kegiatan pemasaran melalui media sosial instagram.
Ketiga prioritas strategi ini diperoleh dari informan industri kecil gula jahe 78 dan disesuaikan dengan kebutuhan yang saat ini perlu dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka menengah.
Kata Kunci: gula jahe 78, strategi SWOT