Strategi Pengembangan Usaha Brokoli di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang (Studi Kasus di SOGA Farm Indonesia Kabupaten Magelang)

  • Arizqi Intan Pertiwi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Didik Widiyantono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Istiko Agus Wicaksono Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Brokoli, SOGA farm Indonesia, Strategi SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan bagi pengembangan usaha brokoli di SOGA Farm Indonesia, 2) Mengidentifikasi faktor-faktor eksternal apa saja yang menjadi peluang dan ancaman bagi pengembangan usaha brokoli di SOGA Farm Indonesia, 3) Merumuskan alternatif strategi yang memungkinkan untuk diterapkan dalam pengembangan usaha di SOGA Farm Indonesia, 4) Menentukan prioritas strategi apa yang dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha brokoli di SOGA Farm Indonesia.

Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian dengan metode pendekatan studi kasus (case study). Pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan berdasarkan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah brokoli di SOGA Farm Indonesia. Sampel yang diambil 3 informan kunci 7 informan biasa.

Hasil perumusan prioritas strategi yang bisa diterapkan pada usaha brokoli di SOGA Farm Indonesia yaitu dengan 1) menambah legalitas memperluas jejaring dengan investor SOGA Farm Indonesia agar lebih banyak dikenal masyarakat 2) menjalin kerjasama dengan cara penerapan flat price dengan mitra yang lebih banyak, 3) meningkatkan pemasaran melalui media sosial marketing seperti Facebook, LinkedIn, dan YouTube chanel , 4) melakukan branding dalam membangun image perusahaan dan produk dari SOGA Farm Indonesia dengan media sosial yang dimiliki, 5) meningkatkan ketrampilan tenaga kerja dengan mengirimkan tenaga kerja untuk mengikuti pelatihan dari dinas pertanian.

Kelima prioritas strategi ini diperoleh dari informan SOGA Farm Indonesia dan disesuaikan dengan kebutuhan yang saat ini perlu dilakukan.

 

Kata Kunci: Brokoli, SOGA farm Indonesia, Strategi SWOT

Published
2022-09-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>