Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI

  • nur cahyani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Lukman Fadhiliya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Kewirausahaan, Output, Kualitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Perbankan Syari’ah SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi semua siswa kelas XI Perbankan Syari’ah SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon berjumlah 60. Sampel berjumlah 52 siswa, ditentukan dengan pedoman tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil evaluasi kinerja guru dalam kelas rerata skor (3,5) kualifikasi “sangat baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (3,37) kualifikasi “sangat baik”, sikap siswa rerata skor (2,84) kualifikasi “baik”, dan motivasi belajar rerata skor (3,01) kualifikasi “baik” dan output pembelajaran dari nilai akhir semester rerata skor (2,37) kualifikasi “cukup baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran daring mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Perbankan Syari’ah SMK Muhammadiyah Gebang Cirebon menunjukkan rerata total skor (2,77), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.

Published
2022-05-31
How to Cite
cahyani, nur, Widoyoko, S. E. P., & Fadhiliya, L. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI . Surya Edunomics, 6(1), 17-24. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2271
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)